get app
inews
Aa Read Next : AS Kembali Luncurkan Rentetan Rudal ke Posisi Houthi di Yaman

Israel Serang Gaza setelah Veto AS Gagalkan Upaya Dewan Keamanan Untuk Hentikan Perang

Minggu, 10 Desember 2023 | 17:01 WIB
header img
Anak-anak Palestina menyaksikan kehancuran setelah serangan Israel pagi hari di Rafah di Jalur Gaza selatan pada 9 Desember 2023, di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok militan Hamas. Foto: AFP

Israel menganggap militan Hamas bertanggung jawab atas jatuhnya korban sipil, menuduh mereka menggunakan warga sipil sebagai tameng hidup, dan mengatakan pihaknya telah melakukan upaya besar dengan perintah evakuasi untuk menyelamatkan warga sipil dari bahaya. Dikatakan 97 tentara Israel tewas dalam serangan darat setelah Hamas menyerbu Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera sekitar 240 orang. 

Hamas mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka melanjutkan serangan roketnya ke Israel. 

Di Gaza, penduduk melaporkan adanya serangan udara dan penembakan, termasuk di kota Rafah di bagian selatan dekat perbatasan Mesir – sebuah daerah yang disuruh oleh tentara Israel untuk dikunjungi oleh warga sipil. Di ruang kelas yang penuh warna di sana, meja anak-anak setinggi lutut dipenuhi puing-puing. 

“Kami sekarang tinggal di Jalur Gaza dan diatur oleh hukum rimba Amerika. Amerika telah membunuh hak asasi manusia,” kata Abu Yasser Al-Khatib, warga Rafah.

Di Gaza utara, Israel telah berusaha mengamankan kekuasaan militernya, meski mendapat perlawanan keras dari Hamas. Militer mengatakan bahwa mereka menemukan senjata di dalam sebuah sekolah di Shujaiyah, sebuah lingkungan padat penduduk di Kota Gaza, dan, dalam insiden terpisah, para militan menembaki pasukan dari sebuah sekolah yang dikelola PBB di kota utara Beit Hanoun. 

Lebih dari 2.500 warga Palestina telah terbunuh sejak gagalnya gencatan senjata selama seminggu pada 1 Desember, sekitar dua pertiga dari mereka adalah wanita dan anak-anak, menurut Kementerian Kesehatan Gaza. 

Gencatan senjata tersebut mengakibatkan para sandera dan tahanan Palestina dibebaskan, namun Israel mengatakan 137 sandera masih berada di Gaza. 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut