get app
inews
Aa Read Next : AS Kembali Luncurkan Rentetan Rudal ke Posisi Houthi di Yaman

Israel Serang Gaza setelah Veto AS Gagalkan Upaya Dewan Keamanan Untuk Hentikan Perang

Minggu, 10 Desember 2023 | 17:01 WIB
header img
Anak-anak Palestina menyaksikan kehancuran setelah serangan Israel pagi hari di Rafah di Jalur Gaza selatan pada 9 Desember 2023, di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok militan Hamas. Foto: AFP

DEPOK, iNewsDepok.id - Militer Israel terus melancarkan serangan udara dan darat yang mematikan di Gaza pada hari Sabtu, didukung oleh veto AS yang menggagalkan upaya Dewan Keamanan PBB untuk mengakhiri perang dan pengumuman bahwa penjualan darurat tank senilai $106 juta amunisi telah disetujui oleh Washington. 

 

Karena tidak dapat meninggalkan Gaza, sebuah wilayah dengan panjang 25 mil (40 kilometer) dan lebar sekitar 7 mil (11 kilometer), lebih dari 2 juta warga Palestina menghadapi pemboman lebih lanjut pada hari Sabtu, bahkan di wilayah yang digambarkan Israel sebagai zona aman. 

 

Dilansir The News Arab, Penjualan hampir 14.000 butir amunisi tank diumumkan sehari setelah AS memveto resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza, sebuah tindakan yang mendapat dukungan luas internasional. AS mengatakan Menteri Luar Negeri Antony Blinken menetapkan bahwa ada “keadaan darurat” demi kepentingan nasional yang memerlukan penjualan segera, yang berarti hal itu tidak melewati tinjauan kongres. Penentuan seperti itu jarang terjadi. 

Sehari setelah Israel mengkonfirmasi bahwa mereka menangkap pria-pria Palestina untuk diinterogasi, beberapa pria mengatakan kepada Associated Press bahwa mereka telah diperlakukan dengan buruk, dan memberikan penjelasan pertama mengenai kondisi penahanan tersebut. 

Ahmad Nimr Salman memperlihatkan tangannya yang berbekas dan bengkak akibat zip tie. “Mereka sering bertanya kepada kami, 'Apakah Anda bergabung dengan Hamas?' Kami bilang 'tidak', lalu mereka akan menampar atau menendang kami,” katanya. Militer Israel belum memberikan komentar ketika ditanya tentang dugaan pelecehan tersebut. 

Dengan memasuki bulan ketiga perang, jumlah korban tewas warga Palestina di Gaza telah melampaui 17.700 orang, mayoritas perempuan dan anak-anak, menurut Kementerian Kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas. Kementerian tidak membedakan antara kematian warga sipil dan kombatan. 

Dua rumah sakit di Gaza tengah dan selatan menerima jenazah 133 orang akibat pemboman Israel selama 24 jam terakhir, kata Kementerian Kesehatan pada Sabtu tengah hari. 

Israel menganggap militan Hamas bertanggung jawab atas jatuhnya korban sipil, menuduh mereka menggunakan warga sipil sebagai tameng hidup, dan mengatakan pihaknya telah melakukan upaya besar dengan perintah evakuasi untuk menyelamatkan warga sipil dari bahaya. Dikatakan 97 tentara Israel tewas dalam serangan darat setelah Hamas menyerbu Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera sekitar 240 orang. 

Hamas mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka melanjutkan serangan roketnya ke Israel. 

Di Gaza, penduduk melaporkan adanya serangan udara dan penembakan, termasuk di kota Rafah di bagian selatan dekat perbatasan Mesir – sebuah daerah yang disuruh oleh tentara Israel untuk dikunjungi oleh warga sipil. Di ruang kelas yang penuh warna di sana, meja anak-anak setinggi lutut dipenuhi puing-puing. 

“Kami sekarang tinggal di Jalur Gaza dan diatur oleh hukum rimba Amerika. Amerika telah membunuh hak asasi manusia,” kata Abu Yasser Al-Khatib, warga Rafah.

Di Gaza utara, Israel telah berusaha mengamankan kekuasaan militernya, meski mendapat perlawanan keras dari Hamas. Militer mengatakan bahwa mereka menemukan senjata di dalam sebuah sekolah di Shujaiyah, sebuah lingkungan padat penduduk di Kota Gaza, dan, dalam insiden terpisah, para militan menembaki pasukan dari sebuah sekolah yang dikelola PBB di kota utara Beit Hanoun. 

Lebih dari 2.500 warga Palestina telah terbunuh sejak gagalnya gencatan senjata selama seminggu pada 1 Desember, sekitar dua pertiga dari mereka adalah wanita dan anak-anak, menurut Kementerian Kesehatan Gaza. 

Gencatan senjata tersebut mengakibatkan para sandera dan tahanan Palestina dibebaskan, namun Israel mengatakan 137 sandera masih berada di Gaza. 

Pada hari Sabtu, sebuah kibbutz yang diserang pada 7 Oktober mengatakan bahwa sandera Sahar Baruch yang berusia 25 tahun telah meninggal di penangkaran. Para penculiknya mengatakan Baruch terbunuh dalam misi penyelamatan yang gagal oleh pasukan Israel pada hari Jumat. Militer Israel mengatakan Hamas membunuhnya. 

Dengan tidak adanya gencatan senjata baru dan bantuan kemanusiaan hanya menjangkau sedikit wilayah Gaza, warga melaporkan kekurangan pangan yang parah. Sembilan dari 10 orang di Gaza utara dilaporkan menghabiskan setidaknya satu hari semalam penuh tanpa makanan, menurut penilaian Program Pangan Dunia (WFP) selama gencatan senjata. Dua dari tiga orang di selatan mengatakan hal yang sama. WFP menyebut situasi ini “mengkhawatirkan.” 

“Saya sangat lapar,” kata Mustafa Al-Najjar, yang berlindung di sekolah yang dikelola PBB di kamp pengungsi Jabaliya yang hancur di utara. “Kami hidup dari makanan kaleng dan biskuit dan ini tidak cukup.” 

Meskipun orang dewasa bisa mengatasinya, “sangat sulit dan menyakitkan ketika Anda melihat putra atau putri Anda menangis karena lapar,” katanya. 

Warga Israel yang disandera juga menyaksikan situasi pangan yang memburuk, kata Adina Moshe yang baru saja dibebaskan dalam rapat umum ribuan orang di Tel Aviv yang meminta agar semua orang segera kembali. “Kami akhirnya hanya makan nasi,” kata Moshe, yang ditahan selama 49 hari. 

Para pembicara dalam rapat umum tersebut menuduh pemerintah Israel tidak berbuat cukup untuk memulangkan orang-orang yang mereka cintai. “Bagaimana aku bisa tidur di malam hari? Bagaimana saya bisa melindungi putri saya?” tanya Eli Albag, ayah dari sandera Liri Albag yang berusia 18 tahun. 

Pada hari Sabtu, 100 truk yang membawa bantuan tidak ditentukan memasuki Gaza melalui penyeberangan Rafah dengan Mesir, kata Wael Abu Omar, juru bicara Otoritas Penyeberangan Palestina. Jumlah tersebut masih jauh di bawah rata-rata harian sebelum perang. 

Meskipun ada tekanan internasional yang meningkat, pemerintahan Presiden Joe Biden tetap menentang gencatan senjata terbuka, dengan alasan hal itu akan memungkinkan Hamas untuk terus memberikan ancaman terhadap Israel. 

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant berpendapat bahwa “gencatan senjata memberikan hadiah kepada Hamas.” 

Blinken terus berbicara dengan rekan-rekannya dari Arab Saudi, Turki, dan negara lain di tengah kritik terbuka terhadap sikap AS.

“Mulai sekarang, umat manusia tidak akan memikirkan AS. mendukung Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia,” kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam pidatonya. 

Para pengunjuk rasa pada KTT iklim COP28 di Dubai menyerukan gencatan senjata, meskipun ada pembatasan demonstrasi. 

Di tengah kekhawatiran akan konflik yang lebih luas, pemberontak Houthi di Yaman yang didukung Iran mengancam akan mencegah kapal apa pun yang menuju pelabuhan Israel melewati Laut Merah dan Laut Arab sampai makanan dan obat-obatan dapat masuk ke Gaza dengan bebas. Juru Bicara Brigjen. Jenderal Yahya Saree mengatakan dalam pidatonya bahwa semua kapal yang menuju Israel, apapun kewarganegaraannya, akan menjadi sasaran. 

Di Gaza selatan, ribuan orang melarikan diri setelah apa yang disebut warga sebagai malam baku tembak dan penembakan hebat. 

Israel telah menetapkan wilayah sempit di garis pantai selatan yang tandus, Muwasi, sebagai zona aman. Namun warga Palestina menggambarkan kondisi yang sangat penuh sesak dengan kurangnya tempat berlindung dan tidak adanya toilet. Mereka menghadapi suhu semalam sekitar 52 derajat (11 derajat Celcius). 

“Saya tidur di atas pasir. Dingin sekali,” kata Soad Qarmoot, yang menggambarkan dirinya sebagai pasien kanker yang terpaksa meninggalkan rumahnya di kota utara Beit Lahiya. 

Saat dia berbicara, anak-anaknya berkerumun di sekitar api.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut