get app
inews
Aa Read Next : Sawit on Town Ungkap Manfaat Tersembunyi Sawit di Balik Produk Keseharianmu

Regenerasi SDM dari Perkebunan Rakyat Harus Dapat Perhatian Serius 

Sabtu, 02 Desember 2023 | 14:34 WIB
header img
Ilustrasi perkebunan sawit. Foto: Dok MPI

Untuk mengatasi masalah ini, Darmono menyarankan solusinya bukan dengan memaksa generasi muda, melainkan dengan menyediakan pekerjaan yang sesuai dengan minat mereka yang masih terkait dengan kelapa sawit, melalui kemajuan teknologi informasi dan digitalisasi.

Dia menekankan bahwa jika generasi milenial enggan bekerja keras di perkebunan, solusinya di masa depan adalah mengembangkan teknologi mekanisasi aplikasi. Darmono menilai bahwa langkah ini diperlukan untuk pekerjaan-pekerjaan berat seperti pemupukan, pemanenan, dan pengangkutan buah.

Diketahui, luas perkebunan kelapa sawit Indonesia mencapai 14,99 juta hektar pada tahun 2022, meningkat 2,49% dari tahun sebelumnya. 

Sektor kelapa sawit mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi 16 juta tenaga kerja secara langsung maupun tidak langsung. Untuk memastikan keberlanjutan sektor sawit di Indonesia, SDM Unggul memegang peran penting dalam meningkatkan kompetensi dan kapasitas para pekebun.

Darmono berharap bahwa dengan mekanisasi aplikasi, cita-cita mewujudkan kelapa sawit yang berkelanjutan dari hulu ke hilir dapat tercapai.
 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut