get app
inews
Aa Read Next : AI Akan Dominasi CES 2024, Bahkan Tanpa Altman dari OpenAI

Bos ChatGPT, Sam Altman Dipecat Dewan Direksi, Ada Apa?

Sabtu, 18 November 2023 | 13:35 WIB
header img
Dewan Direksi Open AI memutuskan kepemimpinan Sam Altman. Foto: Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Sam Altman yang selama ini melambungkan chatbot kecerdasan buatan ChatGPT dan GPT-4, tiba-tiba dipecat oleh dewan direksi perusahaan. 

Open AI yang didukung Microsoft mengatakan pada hari Jumat bahwa dewan direksi memutuskan transisi kepemimpinan setelah kehilangan kepercayaan pada kemampuan Altman untuk memimpin perusahaan.

“Kepergian Tuan Altman mengikuti proses peninjauan yang disengaja oleh dewan, yang menyimpulkan bahwa dia tidak secara konsisten jujur dalam komunikasinya dengan dewan, sehingga menghambat kemampuan dewan untuk melaksanakan tanggung jawabnya,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan di blognya.

Dewan direksi mengatakan mereka berterima kasih atas kontribusi Altman namun memutuskan bahwa “kepemimpinan baru diperlukan seiring kita bergerak maju”.

Perusahaan atau dewan direksinya tidak merinci alasan kepergian Altman.

Chief Technology Officer Mira Murati ditunjuk sebagai CEO sementara sampai pengganti yang lebih permanen ditemukan untuk memimpin perusahaan senilai $90 miliar tersebut.

Altman mewakili perusahaan minggu ini dalam diskusi panel di forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik di San Francisco.

Altman membuat pernyataan singkat tentang kepergiannya dari X, sebelumnya Twitter, dengan mengatakan bahwa dia “senang bekerja dengan orang-orang berbakat” dan bahwa memimpin perusahaan telah “transformatif bagi saya secara pribadi”.

Kepergian Altman yang mengejutkan memicu beragam reaksi di sektor teknologi.

Mantan CEO Google Eric Shmidt di X menggambarkan Altman sebagai pahlawan yang telah mengubah dunia kolektif kita selamanya.

Presiden Open AI Greg Brockman, yang ikut mendirikan start-up bersama Altman dan Elon Musk, mengumumkan tak lama setelah tersiar kabar bahwa ia juga akan meninggalkan perusahaan.

“Kami telah melewati masa-masa sulit dan menyenangkan bersama-sama, mencapai banyak hal meskipun ada alasan bahwa hal itu mustahil, namun berdasarkan berita hari ini, saya berhenti,” katanya di X.

Altman menjadi terkenal setelah dirilisnya ChatGPT tahun lalu, yang memikat dan mengejutkan publik dengan kemampuannya memberikan jawaban yang panjang dan mirip manusia, namun tidak selalu akurat terhadap pertanyaan pengguna.

Pada bulan September, Majalah New York menerbitkan profil yang membandingkan pengusaha teknologi tersebut dengan J Robert Oppenheimer – yang dikenal sebagai bapak bom atom – dan Majalah Time memasukkannya ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di bidang AI pada tahun 2023.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut