get app
inews
Aa Read Next : Bagus Maulana Iskandar, Ikut Bangun Kota Depok Lewat Jasa Konstruksi

Samsat Depok II Cinere Gelar Berbagai Program untuk Genjot Pajak Kendaraan Bermotor

Rabu, 15 November 2023 | 08:25 WIB
header img
Ilustrasi BPKB dan STNK. Foto: Istimewa

CINERE DEPOK, iNewsDepok.id - Samsat Depok II Cinere terus berupaya untuk meningkatkan pendapatan daerah dari sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Salah satu upayanya adalah dengan menggelar berbagai program yang memberikan kemudahan dan insentif bagi wajib pajak.

Salah satu program yang digelar adalah Pemutihan Denda Pajak dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) yang berlangsung dari 16 Oktober hingga 16 Desember 2023. Program ini bertujuan untuk mengurangi jumlah penunggak pajak yang mencapai 161.325 unit kendaraan bermotor hingga September 2023.

"Program ini digelar untuk meningkatkan pendapatan pajak kendaraan bermotor dan mengurangi jumlah penunggak pajak," ujar Kasi Dapen P3D Kota Depok II (Samsat Cinere) Rina Parlina.

Selain itu, Samsat Depok II Cinere juga menggandeng Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok untuk menggelar program Pembebasan BBNKB II yang berlangsung dari 3 Juli hingga 31 Agustus 2023. Program ini memberikan keringanan bagi wajib pajak yang ingin melakukan balik nama kendaraan bermotor tanpa dikenakan biaya.

"Kami ajak masyarakat yang memiliki kendaraan untuk memanfaatkan program Pembebasan BBNKB II. Program ini digagas oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat," kata Kepala Seksi Pendataan dan Penetapan Depok II Cinere Rina Parlina.

Selain program-program tersebut, Samsat Depok II Cinere juga memberikan kemudahan pembayaran PKB melalui aplikasi berbasis web seperti Sambara atau Sapa Warga. Wajib pajak juga bisa melakukan pembayaran PKB dan PBB di satu tempat melalui mobil pajak keliling yang disebut Paling D'Best (Pajak Keliling Depok Bersama dan Terpadu).

Untuk mensosialisasikan program-program ini, Samsat Depok II Cinere juga melakukan berbagai kegiatan dengan melibatkan unsur pentahelix yang terdiri dari pemerintah, akademisi, media, pengusaha dan warga. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan di kecamatan-kecamatan atau hotel-hotel yang berada di wilayah pelayanan Samsat Depok II Cinere.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut