get app
inews
Aa Read Next : Wujudkan Indonesia Emas di 2045, Generasi Penerus Harus Berkarakter Cinta Tanah Air

Optimalkan Deradikalisasi Melalui Lahan KTN, BNPT RI Kembangkan Smart Farming Gandeng MSI

Sabtu, 04 November 2023 | 08:42 WIB
header img
MoU antara BNPT RI dan PT Maharani Saraswati Indonesia (MSI) untuk mengembangkan smart farming di lahan KTN dalam program deradikalisasi. Foto: doc BNPT RI

JAKARTA, iNewsDepok.idBNPT RI menggulirkan program deradikalisasi lewat pengembangan Kawasan Terpadu Nusantara (KTN). Untuk mengoptimalkan program deradikalisasi melalui lahan KTN, BNPT mengembangakna smart farming dengan menggandeng PT Maharani Saraswati Indonesia.

Melalui lahan pertanian dan perkebunan KTN, BNPT RI menampung para mitra deradikalisasi yang sebagian besar adalah orang yang pernah terpapar ideologi terorisme. Untuk kembali menumbuhkan kecintaan para NKRI, mereka ditempatkan di KTN yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

"Lahan kita akan diolah dengan metode baru, yaitu smart farming. Metode bertani secara konvensional digabungkan dengan teknologi digital, sehingga pemanfaatan lahan optimal," kata Kepala BNPT RI Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel di Jakarta pada Jumat (3/11).

Dalam pertemuan itu ditandatangani MoU antara BNPT RI dan PT Maharani Sarawati Indonesia (MSI) untuk penerapan Smart Farming di KTN.

"Hari ini kita menggandeng PT Maharani Saraswati Indonesia, untuk mengoptimalisasikan lahan perkebunan dan pertanian KTN BNPT," jelas Rycko.

Ruang lingkup nota kesepahaman antara BNPT dengan PT MSI juga mencakup optimalisasi peternakan dan perikanan.

Direktur Utama PT MSI, Fariz Abdillah mengungkapkan kegembiraannya bisa berkolaborasi dengan BNPT dalam program deradikalisasi melalui smart farming.

"Kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan BNPT, metode smart farming ini akan meningkatkan produksi dan menarik petani milenial," tuturnya.

Kasatgas Sinergisitas BNPT RI Laksma TNI Joko Sulistyanto menuturkan KTN pertama yang akan menjadi pilot project smart farming adalah KTN Turen di Jawa Timur.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut