get app
inews
Aa Read Next : Ini Perbedaan Psikiater, Konselor, Psikolog: Siapa yang Anda Butuhkan?

4 Cara Efektif Untuk Menjaga Kesehatan Mental, Nomor 4 Terampil Kelola Emosi

Selasa, 31 Oktober 2023 | 08:41 WIB
header img
Ada 4 cara efektif untuk menjaga kesehatan mental. Foto : Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Ada 4 cara efektif untuk menjaga kesehatan mental. Langkah menjaga kesehatan mental ini sangat penting agar orang terhindar dari masalah besar dalam hidupnya, salah satunya adalah terampil kelola emosi.

Merangkum dari laman website World Health Organization (WHO), kesehatan mental adalah keadaan sejahtera mental yang memungkinkan seseorang mengatasi tekanan hidup, menyadari kemampuannya, belajar dengan baik dan bekerja dengan baik, serta berkontribusi pada komunitasnya. 

Menurut Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia, Nova Riyanti Yusuf, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental.

1. Sleep hygiene, menjaga kesehatan mental dengan memperhatikan pola tidur yang sehat.

2. Olahraga, selain melatih otot-otot supaya menjadi besar dan kuat, olahraga juga dapat meningkatkan suasana hati dengan menurunkan kadar hormon stres.

3. Keterampilan mengatur problem solving, dengan mengidentifikasi masalah serta menemukan solusi yang efektif untuk mengatasinya.

4. Keterampilan mengelola emosi, misalnya mengontrol rasa amarah yang timbul dalam diri supaya tidak berlebih, sehingga tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

Kesehatan mental adalah hak asasi manusia yang mendasar, dan penting untuk pengembangan pribadi, komunitas dan sosial-ekonomi.

Demikian 4 cara efektif menjaga kesehatan mental. Semoga informasi ini bermanfaat.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut