get app
inews
Aa Read Next : Kisah Hanif Pemuda Tuli Tembus Kuliah di UGM dan Raih Beasiswa LPDP, Sukses Dirikan Yayasan Difabel

PVMBG Tidak Membenarkan Ada Hujan Abu di Gunung Slamet

Senin, 23 Oktober 2023 | 12:28 WIB
header img
Aktivitas Gunung Slamet meningkat. Foto: iNews Purwokerto/Arbi Anugrah

PURWOKERTO, iNewsDepok.id - Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Slamet Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Gambuhan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, memastikan peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Slamet yang saat ini berstatus Waspada belum mengakibatkan terjadinya hujan abu.

"Hujan abu itu harus ada letusan dulu atau erupsi, jadi bawa material dari dalam. Itu masih lemah," kata Kepala Pos PGA Slamet, Muhammad Rusdi saat dihubungi  di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, seperti dilansir Antara Senin (23/10/2023).

Hal tersebut disampaikan Rusdi, terkait adanya video tentang sebuah mobil yang kotor terkena debu ketika parkir di salah satu rumah warga Desa Banjarsari Wetan, Kecamatan Sumbang, Banyumas, dalam kondisi cuaca berkabut.

Dalam video yang diunggah ke grup WhatsApp "Info & Penanganan Bencana" yang dikelola Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas itu, pengunggahnya juga menanyakan apakah debu tersebut merupakan debu vulkanik dari Gunung Slamet.

Rusdi pun memastikan debu yang mengotori mobil seperti yang ada dalam video tersebut bukanlah abu vulkanik yang dikeluarkan dari Gunung Slamet.

"Kegempaan di Gunung Slamet sampai saat ini masih gempa tremor menerus dan datanya fluktuatif, naik-turun, dan belum terjadi gempa letusan atau erupsi," tegasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut