get app
inews
Aa Read Next : Kisah Ulfatun, Anak Buruh Ukir Hidup Pas-pasan, Raih Beasiswa S2 di UGM Lulus IPK Cumlaude 3,89

Kisah Hanif Pemuda Tuli Tembus Kuliah di UGM dan Raih Beasiswa LPDP, Sukses Dirikan Yayasan Difabel

Senin, 22 April 2024 | 08:40 WIB
header img
Mukhanif Yasin Yusuf akrab disapa Hanif, pemuda tuli tembus kuliah di UGM dan raih beasiswa LPDP, sukses dirikan yayasan difabel. Foto: Keuangan Kemenkeu

JAKARTA, iNewsDepok.id -  Mengalami keterbatasan fisik kadang membuat orang dengan disabilitas harus menyerah pada impian besar mereka. Namun, hal itu tidak berlaku bagi Mukhanif Yasin Yusuf.

Hanif, panggilan akrabnya, adalah seorang teman tuli sejak usia 10 tahun. Bagi dirinya dan orang-orang di sekitarnya, Hanif berhasil membuktikan bahwa keterbatasan yang dimilikinya tidak menghalangi ia untuk mencapai mimpi-mimpinya.

Sejak kecil, ia belajar di sekolah umum dan berhasil kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Bahkan, Hanif adalah alumni LPDP dan pendiri sebuah yayasan difabel bernama Difapedia.

Menurut situs resmi Keuangan Kemenkeu, Hanif berasal dari Purbalingga, Jawa Tengah. Pada masa kecilnya, Hanif seperti anak-anak lainnya, senang bermain dan ceria.

Namun, semuanya berubah setelah ia bermain di sungai kecil di dekat desanya. Telah dimasuki banyak air ke telinganya, yang mengakibatkan gangguan pendengaran.

Hari demi hari, gangguan itu merenggut pendengaran Hanif. Dalam waktu dua minggu, Hanif kehilangan kemampuan mendengar pada usia 10 tahun.

Hanif merasakan dunianya menjadi sunyi dan dingin tiba-tiba. Butuh dua tahun bagi Hanif untuk menerima kondisinya.

"Saat itu orang tua saya memaksa saya untuk melanjutkan sekolah. Mereka berkata, 'Jika kamu tidak sekolah, apa yang akan kamu lakukan nanti?' Hingga pada akhirnya, saya menyadari betapa pentingnya pendidikan bagi kita. Jika saya tidak melanjutkan sekolah, saya tidak akan sampai sejauh ini," kenang Hanif, seperti yang dilansir dari laman Kemenkeu pada Jumat (19/4/2024).

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut