get app
inews
Aa Read Next : Inilah 7 Manfaat Jus Lemon Bagi Kesehatan, Meski Bagus Perhatikan Batasan Konsumsi

Inilah 5 Kulit Buah yang Membuat Kulit Glowing, Berikut Cara Memanfaatkannya

Minggu, 22 Oktober 2023 | 10:53 WIB
header img
Inilah 5 kulit buah yang membuat glowing, berikut cara memanfaatkannya. Foto ilustrasi: Flavorof Cities

DEPOK, iNewsDepok.id - Tak disangka, inilah 5 kulit buah yang membuat kulit menjadi glowing alias bercahaya. Karena itu, jika makan buah jangan dibuang kulitnya tetapi manfaatkan untuk perawatan kecantikan.

Salah satunya kulit buah jeruk dan pepaya, yang diketahui jeruk dan pepaya merupakan superfood. Tak hanya daging buahnya, kulitnya juga kaya akan nutrisi bagi kulit.

Kulit buah mengandung Vitamin C dan bahan pelembab yang bagus untuk kulit. Menurut Dr. Jatin Mittal, kosmetologis dan pakar kulit di Abhvrit Aesthetics New Delhi, sifar pengelupasan dan nutrisi pada kulit buah bagus untuk kulit.

Lantas kulit buah apa saja yang bisa membuat kulit glowing? Berikut ini penjelasan 5 kulit buah yang membuat kulit bercahaya, sekaligus cara memanfaatkannya, seperti dilansir dari Health Shots pada Minggu (22/10/2023):

5 Kulit Buah yang Membuat Kulit Glowing

  1. Kulit jeruk

Kulit jeruk kaya Vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit, mengurangi vlek hitam dan mendorong sintesis kolagen untuk awet muda. Asam alami kulit jeruk membantu mengelupaskan kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati, membersihkan pori-pori yang tersumbat dan membuat kulit bercahaya.

Cara memanfaatkannya dalam bentuk bubuk kulit jeruk kering untuk dijadikan pasta. Keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari, haluskan hingga menjadi hingga menjadi bubuk.

Campurkan bubuk dengan yoghurt dan madu. Oleskan pada wajah, diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas. Hasilnya, kulit lebih cerah dan mengelupaskan kulit secara alami.

  1. Kulit Lemon

Asam sitrat yang terdapat dalam kulit lemon membantu mencerahkan vlek hitam, meratakan warna kulit dan menghilangkan minyak berlebih. Asam sitrat sebagai pemutih alami yang mengurangi pigmentasi kulit dan memperbaiki tekstur kulit secara umum.

Untuk membuat scrub, campurkan bubuk lemon kering dengan gula dan minyak zaitun. Lakukan gerakan memutar untuk memijat lembut scrub ke seluruh wajah, bilas dan dapatkan kulit yang lebih bersinar dan halus.

  1. Kulit Pepaya

Kulit pepaya mengandung enzim seperti papain yang mengangkat sel-sel kulit mati serta membuat kulit halus dan cerah. Papain membuat kulit lebih halus dan dan bercahaya dengan memecah protein tidak aktif dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Digunakan dalam bentuk masker yang dibuat pasta. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit, lalu dibilas. Enzim dalam kulit pepaya akan mengelupaskan kulit sehingga kulit halus dan bercahaya.

  1. Kulit Pisang

Kulit pisang mengandung antioksidan, vitamin dan mineral yang dapat membantu melembabkan kulit, mengurangi peradangan dan membuat kulit bersinar sehat. Bagian dalam kulit pisang mengandung lutein yang dapat melembabkan dan memberi nutrisi pada kulit sehingga tampak awet muda.

Caranya gosokkanbagian dalam kulit pisang selama beberapa menit pada wajah, diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas. Alhasil, kandungan antioksidan dan lainnya pada kulit pisang akan menutrisi kulit.

  1. Kulit Apel

Antioksidan dan Vitamin C pada kulit apel membantu memperbaharui dan memelihara elastisitas kulit. Antioksidan melawan radikal bebas, mengurangi tanda penuaan serta membuat kulit awet muda dan bercahaya.

Lembutkan kulit apel dengan merebusnya. Saring airnya, diamkan hingga dingin dan kemudian gunakan sebagai toner. Gunakan kapas untuk mengaplikasikan toner apel pada wajah, yang manfaatnya mengencangkan pori-pori dan kulit bercahaya secara alami.

Manfaat Kulit Buah

Selain membuat kulit bercahaya, kulit buah juga memiliki manfaat lain seperti:

  1. Melawan jerawat

 Kulit jeruk bersifat antijerawat, karena mengandung minyak organik yang mengurangi timbulnya jerawat. Juga mengecilkan pori-pori, serta mengurangi penumpukan kotoran dan minyak.

  1. Mencerahkan warna kulit

Asam sitrat dari kulit lemon bersifat mencerahkan warna atau tone kulit, karena juga mengandung antimikroba.

  1. Menghilangkan sel-sel kulit mati

Sel-sel kulit mati terkelupas jika menggunakan kulit pepaya. Enzim dari kulit pepaya mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit lebih halus. Antioksidan juga melawan radikal bebas dan mengurangi tanda penuaan.

  1. Menenangkan kulit

Kulit pisang membantu menenangkan kulit. Dengan sifat antiinflamasinya kulit pepaya dapat menenangkan kulit yang sakit, menghidrasi dan melembabkan kulit, serta menjadikan kulit kenyal dan lembut.

  1. Menenangkan kulit yang teriritasi

Unsur antiinflamasi pada kulit apel membantu menenangkan kulit yang teriritasi. Antioksidannya juga melindungi kulit dari stres oksidatif dan kerusakan lingkungan,

Demikianlah penjelasan mengenai 5 kulit buah yang membuat kulit menjadi glowing alias bercahaya, berikut cara memanfaatkannya. Selamat mencoba!

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut