get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Mikroplastik, Si Kecil Berbahaya yang Akhirnya Masuk ke Tubuh Manusia

Waspadai 5 Penyakit yang Muncul di Musim Kemarau

Minggu, 22 Oktober 2023 | 06:23 WIB
header img
Waspada penyakit yang sering muncul saat musim kemarau. Foto: Istimewa

4. Demam Berdarah Dengue (DBD)

DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. DBD ditandai dengan demam tinggi yang berlangsung selama 2-7 hari, disertai dengan sakit kepala, nyeri otot dan sendi, ruam kulit merah bintik-bintik, mual atau muntah, serta penurunan jumlah trombosit dalam darah. 

DBD dapat menyebabkan komplikasi serius seperti syok hipovolemik (kehilangan cairan tubuh secara drastis) atau perdarahan internal. Untuk mencegah DBD, kita perlu menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk atau kelambu saat tidur, mengenakan pakaian panjang dan berwarna terang saat beraktivitas di luar ruangan, serta membersihkan lingkungan dari genangan air yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

5. Tifus

Tifus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang tercemar oleh tinja manusia yang mengandung bakteri tersebut. Tifus ditandai dengan demam tinggi yang berlangsung selama 10-14 hari, disertai dengan sakit kepala, nyeri perut, sembelit atau diare, serta bercak merah pada kulit. 

Tifus dapat menyebabkan komplikasi seperti perdarahan usus, perforasi usus, atau infeksi pada organ lain seperti hati atau ginjal. Untuk mencegah tifus, kita perlu memastikan bahwa makanan dan minuman yang kita konsumsi bersih dan matang, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah makan, serta menghindari makanan atau minuman yang dijual di pinggir jalan  .

Dalam menghadapi risiko ini, sangatlah penting meningkatkan pola hidup sehat, seperti menjaga kebersihan diri dan makan makanan yang sehat. Pemeriksaan kesehatan rutin juga disarankan, terutama bagi individu yang rentan terhadap penyakit musim kemarau.

Selain itu, dengan minum air yang cukup, dan menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan.

Musim kemarau bisa menjadi tantangan kesehatan yang serius, tetapi dengan pengetahuan tentang penyakit yang umum terjadi selama periode ini dan tindakan pencegahan yang tepat, kita dapat menjaga kesehatan kita dan mengurangi risiko terkena penyakit tersebut.

Demikian informasi 5 penyakit di musim kemarau.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut