get app
inews
Aa Read Next : Pemprov DKI Jakarta Lakukan Program Sembako Murah untuk Menjaga Inflasi

Siap-siap! Penerapan Ganjil Genap Kendaraan Motor Tengah Dikaji

Rabu, 11 Oktober 2023 | 22:02 WIB
header img
Kemaceta panjang terjadi di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur pada, Rabu (1/2/2023) Sore hari. Foto: Vania/iNewsDepok.

DEPOK, iNewsDepok.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengkaji usulan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait penerapan aturan ganjil genap untuk sepeda motor di sejumlah ruas jalan Jakarta.

Kebijakan ganjil genap motor ini pernah diwacanakan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dia menyatakan ganjil genap motor diperlukan sebagai satu solusi pengendalian polusi.

"Kita akan pikirkan. Semua itu harus dikaji bersama dengan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya," kata Heru Budi.

Sehingga Heru Budi masih belum bisa menjawab lebih jauh terkait apakah usulan ganjil genap diterapkan pada sepeda motor akan terlaksana dan kapan berlaku jika memang jadi diberlakukan di ruas-ruas jalan DKI Jakarta.

"Masih kami obrolkan dulu," tegas Heru.

Senada dengan Heru, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo pun menyampaikan bahwa kebijakan ganjil genap bagi sepeda motor masih perlu adanya kajian lebih lanjut.

"Usulan itu kami akan kaji lebih lanjut secara komprehensif," ujar Syafrin.

Sebelumnya, Kapolri mengusulkan gage bagi sepeda motor sebagai salah satu langkah proaktif untuk semakin mengurangi polusi udara di Jakarta. Usulan ini guna melengkapi aturan serupa yang sudah diberlakukan untuk kendaraan roda empat.

"Suatu saat nanti tolong dipikirkan, karena memang 67 persen emisi kendaraan bermotor menyebabkan polusi," ucap Listyo dalam acara Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68, Selasa 26 September 2023.

Selain penerapan ganjil genap untuk motor, usaha lain untuk menekan polusi adalah mengingatkan pemakaian kendaraan listrik. Ganjil genap pun diusulkan untuk tidak akan berlaku pada kendaraan listrik.

"Ganjil genap tidak berlaku untuk yang menggunakan motor listrik maupun mobil listrik," kata Listyo.

Wacana ini memang bukan hal baru, Kawula Muda. Ide untuk menerapkan ganjil genap bagi sepeda motor di DKI Jakarta sudah menjadi bahasan lama yang dinilai masih sangat sulit untuk diterapkan.

Editor : M. Syaiful Amri

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut