get app
inews
Aa Read Next : Malam Ini Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Merak

Gandeng New Armada, Bus Legendaris Asal Banten PO Arimbi Rilis Varian Baru

Kamis, 05 Oktober 2023 | 21:51 WIB
header img
Perusahaan karoseri New Armada merilis bus baru untuk PO Arimbi, yang menggunakan model Skylander R22 HDD. Foto: Instagram/mass.arkan

DEPOK, iNewsDepok.id - Perusahaan otobus (PO) Arimbi merilis lima armada baru dengan balutan karoseri New Armada. PO asal Banten ini, berkostum Skylander R22 HDD yang terlihat elegan dan megah.

Desain New Armada Skylander R22 HDD memberikan kesan futuristik dan elegan saat digunakan PO Arimbi. Tampilan eksterior yang dinamis, terlihat lebih gagah dengan menerapkan bando di bagian depan bus.

Pegiat transportasi umum sekaligus Youtuber, Mas Arkan di akun Instagramnya mengunggah tampilan lima bus milik PO Arimbi yang baru dirilis perusahaan karoseri PT Mekar Armada Jaya (Armada Jaya).

Di unggahan Instagram Mas Arkan, PO Arimbi mengusung sasis Hino RK280 ABS - Euro 4. Dengan balutan kostum livery bergambar wayang di sisi bodi bus.

"Selamat atas rilisnya 5 Unit PO ARIMBI. Memakai Chassis Hino RK280 ABS - Euro 4, dibalut body @newarmada.official Skylander R22 HDD," tulis Mas Arkan di akun Instagramnya, Rabu (4/10/2023).

Desain tampilan warna PO Arimbi kali ini terlihat lebih dinamis, dibanding  sebelumnya yang terkesan monoton.

"Ternyata Skylander R22 dikasih warna cerah jadi keluar banget auranya," imbuhnya.

Sementara untuk tampilan interior, tampilan elegan terlihat dengan format kursi tempat duduk 2-2, dengan kursi yang bisa direbahkan (reclining seat).

Di bagian kabin depan terdapat layar tv hiburan audio visual yang siap memanjakan penumpangnya.

Sementara di buritan, tersedia toilet yang cukup elegan di pojok kiri belakang. Di bagian pojok kanan belakang terdapat ruang merokok atau smoking room.

​​​​​​

Di bagian belakang terdapat smoking room dan toilet. Foto: Instagram/masa.arkan
 

Belum diketahui lima unit ini akan digunakan PO Arimbi untuk trayek dan layanan bus apa.

Seperti diketahui, masyarakat Tangerang hingga Cilegon, Banten pasti sudah tidak asing dengan PO bus Arimbi. Bus warna kuning dengan aksen merah warna kuning ini memulai karir di dunia transportasi bersama PO Bima Suci.

Sejarah PO Arimbi 

PO Arimbi berdiri pada awal tahun 1969 yang memiliki markas awal di Jalan Daan Mogot Km 30 Tangerang, Banten. Awalnya arimbi hanya bergerak di penjualan truk dan perjalanan, lalu membuka bisnis transportasi bus.


Interior PO Arimbi. Foto: Instagram/mass.arkan

Bisnis transportasi angkutan bus penumpang baru dilakukan PT Arimbi Jaya Agung baru dilakukan pada tahun 90-an dengan unit sebanyak 800 bus, dengan trayek utama yang menghubungkan Jakarta, Bogor hingga Bandung.

Karena banyaknya unit dan harga yang terjangkau, Arimbi mampu menghadirkan jadwal fleksibel selama 24 jam nonstop yang membuat PO ini memiliki banyak peminat dan pelanggan setia.

PO Arimbi hadir bersama beberapa PO yang termasuk Grup PT Arimbi Jaya Agung seperti PO Bima Suci dan PO AJA, perusahaan tersebut merupakan perusahaan bus terbesar di Tangerang dan PO tertua di Banten.

Sekitar tahun 2000-an awal, PO AJA telah meramaikan bus penghubung masyarakat Tangerang di Wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Populasi PO AJA sendiri saat ini telah menyusut.

Sementara itu, selain melayani jemputan karyawan, Arimbi juga menyediakan layanan tiga transportasi regulernya, yakni bisnis AC, Eksekutif, dan VIP.


Bus terbaru PO Arimbi. Foto: Instagram/mass.arkan

Setelah sekian lama berdiri sebagai moda penghubung di wilayah Jabodetabek, Merak dan Bandung, PO Arimbi kini memiliki trayek yang menghubungkan berbagai kota di Jawa Barat, khususnya Sumedang, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung.

Untuk bus dari PO Arimbi sendiri, dari livery-nya terkesan monoton dan kuno. Karena, selama ini bus Arimbi identik dengan livery kuning polos dengan sentuhan aksen merah pada tulisan dan livery bagian bawah.

Kemudian pada tahun 2020, Arimbi merubah livery-nya dari warna merah terang menjadi merah tua dengan tampilan yang lebih modern. Kemudian, terdapat juga bus dengan livery berwarna hitam dengan tulisan Arimbi berwarna merah yang lebih elegan.

Terkait bodi mobil, mulanya Arimbi memakai karoseri Rahayu Sentosa, namun beberapa tahun terakhir ini mengalami perubahan menjadi lebih mewah dan elegan dengan memakai bodi avante H7 dari karoseri tentrem, bahkan yang terbaru mengusung New Armada Skylander R22 HDD.

Sedangkan untuk sasis, Arimbi biasanya memakai sasis Hino, karena salah satu anak usaha PO Arimbi yakni Dealer Hino. Namun, pada 2020, Arimbi mulai memakai sasis Mercedes-Benz OH 1526 untuk kelas eksekutif di keluarga Arimbi.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut