get app
inews
Aa Read Next : 1 September 2024 Kota Depok Resmi Jadi Kota Lengkap, Ini Penjelasan BPN Depok

Wapres: Presiden Sudah Kantongi Nama Kepala Otorita Ibu Kota Baru

Sabtu, 22 Januari 2022 | 17:23 WIB
header img
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Setkab

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan, Presiden Jokowi telah mengantongi nama pejabat yang akan menjabat sebagai kepala otorita ibu kota baru (IKN).

Karenanya, ia meminta masyarakat untuk menunggu Presiden mengumumkannya.

“Saya kira tunggu saja seperti apa itu nanti. Itu sudah ada di kantongnya presiden. Siapanya itu sudah ada di kantongnya presiden. Tinggal pada saatnya,” kata dia di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Sabtu (22/1/2022), seperti dilansir iNews.

Saat ditanya kriteria apa yang harus dimiliki seorang kepala otorita, Maruf enggan menjawab. 

“Kan sudah dibilang oleh Presiden. Presiden kan sudah bilang kriterianya seperti apa. Saya tidak usah mengulangi lagi,” katanya. 

Seperti diketahui, pekan lalu DPR telah mengesahkan UU IKN, sehingga dengan demikian ibu kota Indonesia telah resmi pindah ke wilayah yang nantinya bernama Nusantara di Kalimantan Timur.

Sesuai ketentuan yang diatur dalam UU tersebut, ibu kota baru bernama Nusantara tersebut tidak dipimpin oleh seorang gubernur, melainkan kepala otorita, sehingga otomatis di ibu kota baru itu takkan ada Pilkada, karena kepala otorita IKN ditunjuk langsung oleh presiden.

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut