get app
inews
Aa Read Next : Waspada! Pencurian Tabung Gas Marak di Depok, 6 Tabung Raib dalam Semalam

5 Cara Cegah Kebakaran di Dapur, Kerjakan Urutannya dengan Tenang dan Jangan Panik

Rabu, 13 September 2023 | 10:23 WIB
header img
Cara mencegah kebakaran di area dapur. Dinas Damkar Kota Depok saat menjelaskan cara mencegah kebakaran kepada warga. Foto: Instagrdam Damkar Depok

DEPOK, iNewsDepok.id – 5 cara mencegah kebakaran yang terjadi di dapur, kerjakan urutannya dengan tetap tenang dan jangan panik.

Kebakaran di dapur biasanya bersumber dari alat masak memasak mulai dari kompor gas, sambungan dan minyak goreng yang terbakar di panci atau tumpah.

5 Cara Cegah Kebakaran di Dapur, Awali dengan Tenang dan Jangan Panik

Pengetahuan untuk memadamkan kebakaran termasuk di dapur perlu dikuasai. Dengan demikian kebakaran yang lebih besar dan merugikan bisa dicegah. iNews Depok merangkum cara mencegah kebakaran di area dapur dari berbagai sumber.

Berikut panduannya:

1. Matikan Kompor

Jika aliran gas ke kompor masih menyala, segera matikan kompor.  Ini untuk memutus bahaya yang lebih besar akibat adanya aliran gas.

2. Selalu Siapkan Karung Goni atau Handuk Tebal

Selalu siapkan karung goni atau handuk tebal yang letaknya tak jauh dari dapur.  Saat terjadi kebakaran dalam skala kecil di area kompor dan panci, karung goni efektif digunakan.

Kebakaran selalu diawali dari skala kecil dan merembet membesar dengan membakar lokasi sekitarnya. 
Cara penggunaan, karung goni dibasahi dengan air. Peras karung goni agar jangan terlalu banyak air. 

Letakkan karung goni menutupi seluruh area api. Dengan ditutupi karung goni yang basah, api akan padam karena kekurangan oksigen. Kebakaran hanya terjadi karena adanya oksigen.

Jika kebakaran terjadi karena minyak goreng yang tumpah dari panci ke lantai, karung goni juga bisa digunakan. Injak karung goni yang telah dibasahi di satu sisi dekat api dan selimuti seluruh area api.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut