get app
inews
Aa Read Next : DLHK Kota Depok Bersihkan Sampah Menumpuk di Jalan Proklamasi, Warga Abadijaya Beri Apresiasi

Sasana Tinju di Depok, SAS Boxing Didirikan Warga Asal NTT

Sabtu, 02 September 2023 | 15:55 WIB
header img
Pendiri SAS Boxing Depok adalah Silem Serang (kiri depan), Juara Nasional Tinju kelas Terbang Junior asal Timur Tengah Selatan (TTS) NTT. Foto: iNews Depok/Iyung Rizki

DEPOK, iNewsDepok.idSAS Boxing Depok, sasana tinju di Kota Depok Jawa Barat yang didirikan warga asal NTT. Keberadaan SAS Boxing ditujukan untuk menjaring bibit-bibit petinju asal Kota Depok.

SAS Boxing Depok terletak di Gang Mawar I, Sukamaju, Cilodong, Kota Depok. Pendirinya adalah Silem Serang, Juara Nasional Tinju kelas Terbang Junior  asal Timur Tengah Selatan (TTS) NTT.

Untuk menumbuhkan petinju-petinju asal Kota Depok, SAS Boxing mengadakan kegiatan bertajuk Baku Falungku. Istilah ini berasal dari NTT yang berarti baku hantam.

Silem Serang menyatakan komunitas tinju di Depok memang mengalami perkembangan yang positif. Kegiatan Baku Falungku dari SAS Boxing Depok turut berperan untuk mengasah bakat-bakat tinju warga Depok.

Tinju untuk Stop Tawuran 

Menurut Silem Serang, tumbuhnya komunitas tinju terlihat dari anak-anak pelajar yang aktif dalam latihan dasar tinju dan sering mengadakan sparing terbuka di taman-taman kota. 

Kegiatan komunitas tinju tersebut, tutur Silem Serang, diharapkan memberikan alternatif yang sehat dan mendorong para pemuda menjauh dari tawuran.

Tidak sekadar harapan, Silem Serang mengadakan pertandingan Baku Falungku. Pesertanya berbagai lapisan masyarakat, termasuk member komunitas tinju dan pemula dari Kota Depok dan sekitarnya.

”Tujuan utama dari acara ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengembangkan bakat-bakat tinju yang ada di Kota Depok,” kata Silem Serang.

Dalam Baku Falungku dipertandingkan tinju dari seluruh kelas mulai kelas Terbang (48 kg) hingga kelas Berat.

Pertandingan dibedakan antara kelompok Youth dan Elite. Youth pesertanya di bawah 18 tahun. Sedangkan kelompok Elite, pesertanya berumur 18 tahun ke atas.

Silem Serang mengungkapkan Balu Falungku mendapat dukungan dari Koni Depok dalam persiapan atlet-atlet Depok untuk kompetisi selevel Porprov Jawa Barat. 

"Dengan semangat dan dedikasi para pecinta tinju serta dukungan yang kuat dari berbagai pihak, Baku Falungku berpotensi menjadi salah satu wadah penting dalam mengangkat prestasi tinju Kota Depok,” harap Silem Serang.
 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut