get app
inews
Aa Read Next : Komitmen Bantu UMKM Naik Level, OCBC Buka Ruang Kreasi untuk Fasilitas Kreativitas Marketing Digital

Hadiri Merdeka Ekspor, Wapres Ingatkan Pentingnya Hilirisasi Pertanian

Selasa, 15 Agustus 2023 | 22:51 WIB
header img
Dari kiri ke kanan. Kepala Barantan, Bambang. Wapres, Maruf Amin. Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam acara Merdeka Ekspor. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsDepok.id – Jelang peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, melepas ekspor sejumlah komoditas pertanian senilai Rp 2,294 triliun dari Pelabuhan Tanjung Priok ke 37 Negara. Komoditas yang dilepas pada acara bertajuk Merdeka Ekspor tersebut antara lain buah durian, jahe, pakan ternak, dan tepung tulang.

Wapres Ma’ruf Amin mengatakan kegiatan ekspor ini diharapkan dapat meningkatkan upaya hilirisasi di bidang pertanian.

Selain dapat meningkatkan ekspor pertanian secara keseluruhan, diharapkan juga hilirisasi ini turut mendorong upaya pemerintah dalam pengembangan usaha dan peningkatan pendapatan masyarakat kecil.

"Hari ini kita melakukan ekspor yang kesekian kalinya, bukan yang pertama kali, dan ekspor kita tahun ini kata Bapak Menteri Pertanian akan bisa mencapai 900 Triliun, Kita harapkan juga apa yang kita ekspor itu bukan hanya mentah tetapi juga sudah dihilirisasi," kata Ma’ruf Amin usai Merdeka Ekspor di Terminal Koja, Tanjung Priok Jakarta, Selasa (15/8/2023).

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) selama ini terus berupaya untuk melakukan peningkatan ekspor.

Hal ini sudah terbukti berdampak positif terhadap peningkatan ekspor pertanian yang cukup signifikan, meski pandemi disertai dengan ketegangan politik yang terjadi disejumlah negara.

Tahun 2020 ekspor pertanian mampu mencapai Rp. 451,77 triliun meningkat 15,79 persen dibandingkan tahun 2019 yang hanya mencapai Rp. 390,16 triliun.

Begitu juga di tahun 2021 ekspor pertanian tercatat mencapai Rp. 616,35 triliun meningkat 36,43 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Tahun 2022, ekspor pertanian mencapai Rp. 658,18 triliun meningkat 6,79 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini pun, ekspor pertanian juga diprediksi meningkat, realisasi ekspor pertanian periode Januari – Juni 2023 tercatat telah mencapai Rp. 260,33 triliun.

Ma’ruf pun meminta ke depan ekspor pertanian dapat didominasi dengan produk hilir siap pakai yang memiliki nilai tambah lebih tinggi. Dalam kesempatan tersebut.

Dia mengungkapkan betapa pentingnya keterlibatan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mewujudkan hilirisasi industri pertanian di Indonesia.

"Kita ingin hilirisasi produk pertanian ini dapat membantu masyarakat kecil yang berproduksi kemudian dihilirasi dan di ekspor, jadi ini akan membantu usaha masyarakat, terutama UMKM," jelasnya.

Untuk diketahui, Merdeka Ekspor tidak hanya dilakukan di Pelabuhan Tanjung Priok tetapi juga dilakukan secara serentak di semua border seperti pelabuhan laut, pos lintas batas negara, maupun bandar udara di seluruh Indonesia. Adapun total ekspor secara nasional pada kegiatan ini senilai Rp. 12,45 triliun ke 176 negara tujuan.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut