get app
inews
Aa Text
Read Next : Kisah Move Leather Bangkit dari Keterpurukan Usai Ikuti Pertamina UMK Academy

Hari Keluarga Sedunia, Buktikan Cinta Keluarga Bisa Diwujudkan Lewat Hal Sederhana!

Kamis, 15 Mei 2025 | 23:50 WIB
header img
Rayakan Hari Keluarga Sedunia sambil dukung produk dalam negeri. Foto: Tangkapan Layar

JAKARTA, iNews Depok.id - Keluarga bukan hanya tempat berlindung, tetapi disinilah seseorang pertama kali memahami apa itu tanggung jawab dan arti dari ‘menjaga, merawat, dan menghargai’. Tidak hanya terhadap sesama, tetapi juga pada hal-hal kecil yang dimiliki. 

Nilai-nilai ini biasanya sudah tumbuh dari rumah, tertanam lewat kebiasaan yang dicontohkan para orang tua, seperti cara merapikan rumah, menyimpan barang dengan teratur, atau memperlakukan benda-benda agar tetap layak pakai. Termasuk bagaimana mereka memanfaatkan teknologi untuk menunjang kebutuhan hidup modern. 

Dalam perjalanan ini, Shopee hadir bukan sekadar sebagai platform belanja, tetapi sebagai sahabat yang membantu menjaga dan merawat apa yang dicinta, melalui ragam pilihan produk lokal berkualitas.

Makna ini pun terwakili dalam sesi Webinar Shopee Hari Keluarga bertajuk "Menjaga yang Dicinta: Menemani Setiap Cerita", pada Rabu, 14 Mei 2025, bersama dua sosok inspiratif: Riyanto Pratama, pemilik UMKM Permanence Your Clothes, dan Dhatu Rembulan, seorang Mom Influencer.

Momen ini menjadi ruang kolaborasi antara kebutuhan keluarga dan panggung bagi penjual lokal untuk menampilkan inovasi produk yang relevan sebagai solusi gaya hidup keluarga masa kini, dalam semangat merayakan Hari Keluarga Sedunia.

Merawat, Mengubah, Menginspirasi: Kisah UMKM Permanence Your Clothes

Lebih dari sekadar menjaga barang, kebiasaan merawat juga menjadi wujud kepedulian terhadap lingkungan. Pakaian yang mulai memudar tidak harus diganti. Sepatu yang kotor tak perlu langsung dibuang.

Dengan pendekatan yang tepat, semua bisa diberi kesempatan kedua untuk diperbaiki, dirawat, dan kembali berfungsi seperti sedia kala. Prinsip inilah yang menjadi lahirnya UMKM, Permanence Your Clothes (PYC) di tahun 2019. 

Sejak kecil, Riyanto Pratama, sang pendiri, tumbuh dari keluarga sederhana yang mengajarkan pentingnya merawat apa yang dimiliki. Nilai kehidupan yang tumbuh di lingkungan keluarganya itulah yang menjadi fondasi bisnisnya.

Apalagi Ryan, sapanya, merasakan beratnya membeli pakaian baru saat kuliah dan lebih memilih jasa pewarna keliling. Namun, upaya mengecat ulang celana dengan jasa pewarna keliling berakhir dengan kekecewaan karena warnanya masih cepat memudar.

“Awalnya ide itu hanya sebatas wacana belaka. Namun seiring kondisi yang mendesak akan pekerjaan dan pandemi, saat itulah saya kembali pada impian lama: yakni menciptakan produk yang dapat memperpanjang usia pakaian secara estetik dan fungsional. Saya mulai riset dan bereksperimen sendiri. Gagal, jatuh bangun, tapi tidak menyerah. Usia bukan penghalang, disitu saya belajar mengenai membangun manajemen yang tertata, menjaga konsistensi, dan memahami pentingnya kepercayaan pelanggan. Kuncinya? Terus belajar, inovasi, dan ketangguhan. Adaptasi teknologi seperti memahami cara kerja platform digital Shopee, belajar lewat mentor, hingga feedback konsumen. Bagi saya, nilai diri ditentukan oleh usaha, bukan penilaian orang lain,” tutur Riyanto Pratama, pemilik UMKM Permanence Your Clothes.

Melalui Shopee, PYC mampu menjangkau lebih banyak pelanggan, memberdayakan komunitas lokal, serta mencatat pertumbuhan bisnis hingga 300% dalam dua tahun terakhir dan 5x peningkatan penjualan pada kampanye 12.12 Birthday Sale 2024. Fitur interaktif seperti Shopee Affiliate dan Shopee Video menjadi kunci dalam memperluas jangkauan pasar tanpa harus mengeluarkan biaya promosi besar. 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut