get app
inews
Aa Read Next : Komitmen Bantu UMKM Naik Level, OCBC Buka Ruang Kreasi untuk Fasilitas Kreativitas Marketing Digital

Hadiri Merdeka Ekspor, Wapres Ingatkan Pentingnya Hilirisasi Pertanian

Selasa, 15 Agustus 2023 | 22:51 WIB
header img
Dari kiri ke kanan. Kepala Barantan, Bambang. Wapres, Maruf Amin. Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam acara Merdeka Ekspor. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsDepok.id – Jelang peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, melepas ekspor sejumlah komoditas pertanian senilai Rp 2,294 triliun dari Pelabuhan Tanjung Priok ke 37 Negara. Komoditas yang dilepas pada acara bertajuk Merdeka Ekspor tersebut antara lain buah durian, jahe, pakan ternak, dan tepung tulang.

Wapres Ma’ruf Amin mengatakan kegiatan ekspor ini diharapkan dapat meningkatkan upaya hilirisasi di bidang pertanian.

Selain dapat meningkatkan ekspor pertanian secara keseluruhan, diharapkan juga hilirisasi ini turut mendorong upaya pemerintah dalam pengembangan usaha dan peningkatan pendapatan masyarakat kecil.

"Hari ini kita melakukan ekspor yang kesekian kalinya, bukan yang pertama kali, dan ekspor kita tahun ini kata Bapak Menteri Pertanian akan bisa mencapai 900 Triliun, Kita harapkan juga apa yang kita ekspor itu bukan hanya mentah tetapi juga sudah dihilirisasi," kata Ma’ruf Amin usai Merdeka Ekspor di Terminal Koja, Tanjung Priok Jakarta, Selasa (15/8/2023).

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) selama ini terus berupaya untuk melakukan peningkatan ekspor.

Hal ini sudah terbukti berdampak positif terhadap peningkatan ekspor pertanian yang cukup signifikan, meski pandemi disertai dengan ketegangan politik yang terjadi disejumlah negara.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut