get app
inews
Aa Read Next : Microsoft Alami Gangguan, Penerbangan Global Kacau Balau

Microsoft Akhirnya Hentikan Cortana di Windows 11

Senin, 14 Agustus 2023 | 17:35 WIB
header img
Microsoft menghentikan dukungan dan mematikan aplikasi Cortana di Windows 11. Foto: Tom Warren/The Verge

JAKARTA, iNewsDepok.id - Microsoft telah mematikan aplikasi Cortana untuk Windows 11. Pembaruan baru yang diluncurkan untuk Cortana pada akhirnya menonaktifkan asisten digital tersebut, tiga tahun setelah Microsoft juga menghentikan aplikasi Cortana untuk iOS dan Android.

Dilansir dari The Verge pada Senin (14/8/2023), jika pengguna mencoba untuk membuka Cortana dalam Windows 11, akan terlihat sebuah pemberitahuan tentang bagaimana aplikasi tersebut telah usang dan tautan menuju artikel dukungan di situs Microsoft.

Menurut Microsoft, mereka akan menghentikan dukungan untuk Cortana di Teams perangkat seluler, Microsoft Teams Display, dan Microsoft Teams Rooms pada musim gugur 2023. Namun, Cortana dalam Outlook perangkat seluler akan tetap tersedia.

Cortana pertama kali hadir sebagai asisten digital di Windows Phone, sebelum akhirnya ditambahkan ke Windows 10 pada 2015. Aplikasi asisten tersebut terintegrasi langsung pada taskbar Windows 10, dengan dukungan perintah suara, pengingat, dan kemampuan untuk membuka aplikasi. Hal yang sama juga dilakukan saat Windows 11 rilis, bertahan dengan aplikasi tersendiri hingga minggu lalu.

Sayangnya, Cortana gagal bertahan dengan saingan yang lebih populer seperti Alexa milik Amazon atau Google Assistant. Bahkan, CEO Microsoft Satya Nadella mengaku pada 2019 jika Cortana sudah tertinggal jauh dari saingannya.

Kini, Microsoft tengah bekerja mengembangkan Windows Copilot, sebuah sidebar baru untuk Windows 11 yang ditenagai oleh Bing Chat dan bisa mengontrol pengaturan Windows, menjawab pertanyaan, dll. Copilot diharapkan akan tersedia pada musim gugur ini sebagai bagian dari pembaruan Windows 11.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut