get app
inews
Aa Read Next : Cari Informasi Lebih Cepat, AI Milik Google Bisa Rangkum Artikel Panjang di Internet

YouTube Uji Coba Fitur Pencarian Lagu dengan Merekam Suara

Kamis, 24 Agustus 2023 | 17:20 WIB
header img
YouTube lakukan eksperimen untuk mengidentifikasi lagu dengan suara bersenandung, bernyanyi, atau lagu yang diputar. Foto: Olly Curtis/Future

DEPOK, iNewsDepok.id - YouTube mengumumkan eksperimen baru untuk perangkat Android yang dapat mengidentifikasi lagu dengan suara nyanyian atau senandung, Rabu (23/8/2023).

Dalam pengumumannya di blog dukungan Google, YouTube mengatakan, pengguna yang tidak tahu judul dan penyanyi dari suatu lagu, dapat bersenandung atau bernyanyi maupun merekam suara lagu tersebut untuk menemukannya.

Pengguna yang punya akses eksperimen YouTube Premium bisa mencoba pencarian suara YouTube dan menggunakan fitur tersebut dengan bersenandung, bernyanyi, atau rekam suara lagu dalam waktu tiga detik atau lebih. Aplikasi akan mengidentifikasi nada dan mengarahkan pengguna ke video YouTube yang terkait dengan lagu tersebut, seperti video musik resmi, konten buatan pengguna, atau Shorts.

Eksperimen ini sebelumnya pernah dilakukan oleh perusahaan induk YouTube, yaitu Google. Pada 2020, Google pertama kali meluncurkan kemampuan tersebut pada aplikasi Google, widget Google Search, dan Google Asssistant. Perbedaanya adalah fitur dari Google memerlukan waktu sekitar 10-15 detik untuk mengidentifikasi lagu.

Menurut laporan dari TechCrunch, Google mengonfirmasi teknologi yang digunakan untuk YouTube sama dengan fitur Google tersebut. Fitur tersebut dirancang berdasarkan model machine learning yang bisa mencocokkan senandung manusia dengan "sidik jari" atau melodi khas suatu lagu.

Walaupun sudah ada fitur serupa di aplikasi pencari lagu lain seperti SoundHound dan MusixMatch, tetapi mereka tidak sepopuler YouTube dan Google. Namun, kedua aplikasi tersebut tetap dapat menjadi rekomendasi dalam mencari lagu.

Eksperimen pencarian lagu ini sudah dirilis kepada beberapa pengguna YouTube terpilih yang menggunakan perangkat Android saja, jadi tidak semua pelanggan Premium mendapatkan fitur tersebut.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut