get app
inews
Aa Read Next : Microsoft Alami Gangguan, Penerbangan Global Kacau Balau

Aplikasi Microsoft Paint dan Lainnya Bakal Gunakan AI di Windows 11

Kamis, 24 Agustus 2023 | 00:04 WIB
header img
Salah satu aplikasi di Windows, Microsoft Paint, akan segera mendapatkan fitur yang ditenagai AI, mampu membuat gambar dari perintah teks. Foto: Windows Central

DEPOK, iNewsDepok.id - Microsoft tampaknya serius dalam mengembangkan kecerdasan buatan (AI). Menurut laporan dari Windows Central pada Selasa (22/8/2023), Microsoft kini tengah mencoba memasukkan kemampuan AI ke dalam aplikasi-aplikasi dalam Windows 11, salah satunya adalah aplikasi Paint.

Kemungkinan aplikasi Paint akan memiliki kemampuan untuk menghasilkan gambar berdasarkan perintah teks yang diminta pengguna. Dilansir dari Windows Central, sumbernya mengatakan, fitur AI tersebut akan ditenagai dengan teknologi yang sama di balik Image Creator Bing, sebuah tool yang dapat membuat gambar sesuai dengan deskripsi yang diinginkan.

Dalam unggahan foto mock-up internal Paint dengan AI di situs Windows Central, terlihat ada fungsi "Magic Paint" berbentuk tombol, dengan sidebar yang memungkinkan pengguna mengisi deskripsi dari gambar yang ingin dihasilkan. Tak banyak penjelasan lainnya mengingat ini masih sebuah bocoran.

Selain itu, aplikasi seperti Photos, Camera, dan Snipping Tools juga akan mendapatkan tool AI. Untuk aplikasi Photos, Microsoft sedang mengerjakan fungsi AI yang akan mengizinkan aplikasi untuk mengidentifikasi objek atau orang dalam foto dan juga kemampuan potong dan tempel elemen tersebut di area lain.

Untuk Snipping Tool dan Camera, menurut Windows Central, Microsoft ingin menambahkan teknologi optical character recognition (OCR) dalam kedua aplikasi tersebut. OCR berpotensi untuk memungkinkan Snipping Tool mengidentifikasi teks dalam tangkapan layar agar lebih mudah disalin dalam clipboard. Sedangkan di Camera dapat memungkinkan pengguna untuk memilih teks dalam foto yang diambil perangkat.

Masih belum jelas kapan atau jika Microsoft akan mengeluarkan fitur integrasi AI dengan aplikasi-aplikasi tersebut dalam Windows 11. Kehadiran fitur AI dalam Windows patut ditunggu oleh penggunanya.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut