get app
inews
Aa Read Next : Berbagai Manfaat Kafein dan Kopi untuk Kesehatan Tubuh

5 Tips Minum Kopi di Pagi Hari Tanpa Efek Samping, Tidak Boleh Konsumsi Saat Perut Kosong

Kamis, 10 Agustus 2023 | 08:33 WIB
header img
Inilah 5 tips minum kopi di pagi hari tanpa efek samping yang perlu diketahui. Foto ilustrasi: Freepik/senivpetro
  1. Membuat dehidrasi

Inflamasi dalam tubuh juga menyebabkan ketidakseimbangan kadar air, sehingga menyebabkan dehidrasi dan masalah kesehatan terkait.

Lantas bagaimana dengan orang-orang yang terbiasa memulai hari dengan kopi? Bagaimana cara sehat menikmati kopi di pagi hari tanpa efek samping?

Berikut ini 5 tips minum kopi di pagi hari tanpa efek samping:

5 Tips Minum Kopi di Pagi Hari

  1. Mulailah hari dengan minum air

Sebelum menyeruput kopi, minumlah terlebih dulu segelas air. Hal ini membantu menetralkan asam lambung dan mencegah masalah pencernaan, serta membantu tubuh memulai proses metabolisme.

  1. Minumlah kopi dengan porsi kecil

Tidak dilarang minum kopi di pagi hari, tapi sebaiknya meminumnya dengan porsi kecil, yang bisa dilakukan berkali-kali. Untuk seruput pertama sebaiknya tetap ringan, dengan lebih banyak air dan sedikit kopi di dalamnya.

  1. Minum kopi setelah sarapan

Ini kondisi ideal menikmati kopi tanpa efek samping, yakni menikmati sarapan sehat setelah itu baru minum kopi. Dengan demikian, seseorang bisa minum kopi dalam jumlah yang diinginkan. Atau paling tidak konsumsi biskuit maupun kacang sebelum minum kopi.  

  1. Tambahkan sedikit kayu manis ke dalam kopi

Kafein sering menyebabkan peradangan, yang dapat diatasi dengan menambahkan sedikit bubuk kayu manis ke dalam kopi. Antioksidan di dalam kayu manis dapat membantu minuman mengeluarkan racun di dalam tubuh dengan mudah.

  1. Hindari gula atau pemanis ke dalam kopi

Banyak orang yang tidak bisa menikmati kopi hitam yang pahit, tetapi menambahkan gula atau pemanis ke dalam kopi secara instan meningkatkan kadar insulin dan meningkatkan risiko diabetes. Sebagai gantinya tambahkan sedikit kayu manis atau jaggery untuk rasa manis.

Demikianlah penjelasan mengenai 5 tips minum kopi di pagi hari tanpa efek samping yang perlu diketahui, yang salah satunya jangan konsumsi kopi saat perut dalam keadaan kosong. Semoga bermanfaat.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut