get app
inews
Aa Read Next : Home Charging PLN Makin Diminati, Jumlah Pelanggan di Jabar Tembus 548

Selama Lebih dari 20 Tahun ABB Pasok MCB Produk Lokal Berkualitas untuk PLN

Minggu, 30 Juli 2023 | 19:43 WIB
header img
Penandatanganan kontrak kerja sama oleh Gerard Chan, Presiden Direktur dan Country Holding Officer PT ABB Sakti Industri dan Wiluyo Kusdwiharto, Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan PT PLN (Persero). Foto: Ist

Di 2022, MCB ABB mendapatkan penghargaan “The Best TKDN MCB” dari PLN untuk kualitas dan tingkat komponen dalam negeri terbaik, yang diberikan saat acara “PLN LOCOMOTION – Local Content Movement for the Nation” di Jakarta.

Sebelumnya, ABB juga telah berkolaborasi dengan PLN untuk menyediakan MCB yang mendukung proses elektrifikasi yang aman dan andal.

Tahun lalu, pabrik MCB ABB di Cibitung memiliki kapasitas produksi tahunan mencapai jutaan poles, baik untuk tipe MCB yang dipasok ke PLN maupun kebutuhan ekspor ke berbagai negara di Asia, Eropa, Afrika, dan Selandia Baru.

Pabrik ini juga dilengkapi dengan sistem otomasi yang canggih untuk proses perakitan dan pengujian produk.

Selain itu, sebagai perwujudan komitmen akan keberlanjutan, pabrik ABB dilengkapi oleh Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dipasang di atap pabrik. Energi bersih yang dihasilkan digunakan sebagai pasokan listrik untuk beberapa kegiatan operasional pabrik. 

Di samping itu, pabrik ABB juga menerapkan metode penilaian RECP (Resource Efficient and Cleaner Production), yang memungkinkan pabrik untuk menghemat ratusan juta rupiah per tahun dari biaya konsumsi listrik, air, dan material proses produksi. Pabrik ini juga mampu mengindentifikasi potensi pengurangan emisi sebesar 224-ton CO2 per tahun.

MCB ABB juga melindungi sistem instalasi listrik dari penggunaan listrik yang melebihi daya maksimal dan hubung singkat pada bangunan komersial maupun berbagai aplikasi industri lainnya.

Ketika hal ini terjadi, MCB akan memutus arus listrik secara otomatis untuk melindungi perangkat listrik dari kerusakan dan risiko kebakaran.

ABB adalah perusahaan global terkemuka di bidang elektrifikasi dan otomatisasi yang mendorong transformasi masyarakat dan industri demi mencapai masa depan yang mengutamakan efisiensi penggunaan sumber daya yang berkesinambungan.

Solusi yang ditawarkan ABB menghubungkan penggunaan software dan keahlian di bidang enjiniring untuk mengoptimalkan proses manufaktur.

Berkomitmen untuk terus berinovasi dan mendorong transformasi industri selama lebih dari 130 tahun, kesuksesan ABB didorong oleh ~105,000 karyawannya yang tersebar di lebih dari 100 negara.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut