get app
inews
Aa Read Next : Gluten dan Fungsinya Bagi Tubuh, Bisa Kurangi Risiko Diabetes

5 Kiat Sehat Makan di Luar bagi Penderita Diabetes, Salah Satunya Perhatikan Porsi

Jum'at, 28 Juli 2023 | 19:11 WIB
header img
Bolehkah penderita diabates makan di luar? Berikut ini 5 kiat sehat makan di luar bagi penderita diabetes dengan memperhatikan apa yang boleh dan apa yang harus dihindari. Foto ilustrasi: Freepik
  1. Memilih makanan utuh

Sebaiknya penderita diabetes memilih makanan berupa makanan utuh dan tidak diproses. Pilih sumber protein tanpa lemak seperti ayam atau ikan bakar, sayuran, serta biji-bijian seperti beras merah atau quinoa, dan buah-buahan.

Di samping itu, penderita diabetes sebaiknya menghindari makanan yang digoreng atau dilumuri saus kental.

  1. Membatasi karbohidrat olahan

Sebaiknya penderita diabetes membatasi karbohidrat olahan seperti roti putih, nasi putih dan pasta. Pasalnya, makanan tersebut dapat menyebabkan lonjakan cepat kadar gula darah.

Sementara itu, sebaiknya penderita diabetes memilih karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik lebih rendah, seperti biji-bijian, sayuran, dan polong-polongan. Jadi, jika makan di luar sebaiknya pilih karbohidrat berupa gandum utuh.

  1. Berhati-hati dengan gula tambahan

Banyak makanan yang tersedia di restoran terutama makanan penutup (dessert) dan minuman manis mengandung gula tambahan dalam jumlah tinggi. Konsumsi makanan yang demikian dapat menyebabkan ketidakseimbangan gula darah.

Oleh karena itu sebaiknya penderita diabetes sebaiknya menghindari minuman manis dan makanan penutup. Jika ingin makan pertimbangkan untuk berbagi porsi kecil. Berbailah dengan keluarga atau teman, sehingga kita makan makanan dengan banyak lemak yang tidak sehat.

  1. Memperhatikan asupan lemak

Meskipun lemak sehat itu penting, tetapi beberapa restoran menyediakan makanan yang mungkin menyediakan lemak tidak sehat seperti lemak trans atau lemak jenuh. Lemak tersebut dapat berdampak negatif terhadap kesehatan jantung.

Karena itu, sebaiknya penderita diabetes memilih hidangan yang diolah dengan metode memasak yang lebih sehat, seperti dipanggang, dikukus dan dibakar. Pilih lemak tak jenuh seperti minyak zaitun atau alpukat. Hindari lemak tidak sehat seperti mentega atau minyak terhidrogenasi.

Demikianlah penjelasan mengenai 5 kiat sehat makan di luar bagi penderita diabetes dengan memperhatikan apa yang boleh dan apa yang harus dihindari.  

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut