get app
inews
Aa Read Next : Polres Metro Depok Kunjungi Sekolah Wirabuana untuk Berikan Nasehat Anti-Bullying

Robot Canggih Buatan Madrasah Teknonatura Depok Dipamerkan ICE APEKSI XVI

Sabtu, 15 Juli 2023 | 00:06 WIB
header img
Madrasah Teknonatura Depok saat memamerkan robot canggih pada pengunjung Indonesia City Expo di Makassar, Jumat, 14 Juli 2023. Foto : Diskominfo Kota Depok

MAKASSAR, iNewsDepok.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok membawa robot canggih buatan Madrasah Teknonatura ke Indonesia City Expo (ICE) 2023 Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVI di Kota Makassar Sulawesi Selatan.

Siswa Madrasah Teknonatura Muhammad Taufiq dan Kepala Madrasah Ati Hatta mempromosikan pendidikan metode Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematic (STEM) kepada pengunjung saat gelaran ICE 2023.

Taufiq dan Ati Hatta menjadi perwakilan Kota Depok dalam bidang pendidikan kreatif dan menampilkan karyanya di jalanan kota yang bertemakan Sejuta Maulid. Sekaligus bentuk dukungan terhadap Kota Depok sebagai perwakilan Indonesia di Kota Kreatif UNESCO.

“Alhamdulillah kami ditunjuk Pemkot Depok untuk hadir dan mempresentasikan kegiatan edukasi Robotic dan STEAM, kami berbagi informasi kepada pengunjung terkait informasi kepada pengunjung terkait upaya yang dilakukan kami sebagai tim indonesia R2045, memenangkan penghargaan kompetisi tingkat internasional,” kata Ari Hatta.

Penghargaan yang sudah diraih R2045 adalah X-PRIZE, Innovator Award, New Technology Experience : Carbon Countermeasures, serta Katherine Johnson Award for Engineering Documentation, di samping Social Media Award dan Safety Award tahun lali diajang FGC, GENEVA, SWITZERLAND, 2022.

Tim Indonesia R2045 (Madrasah Teknonatura) melakukan ajakan ke Pemerintah Kota lainnya untuk membangun dan menerapkan pendidikan dengan pendekatan STEAM.

Sebab, pendekatan STEAM akan mempengaruhi posisi suatu negara dalam peradaban dunia masa depan. 

Menurutnya, ekosistem yang terbentuk dari industri, pemerintah, lembaga penelitian, kampus, sekolah, mahasiswa, dan masyarakat luas menandakan keseriusan bangsa dalam meningkatkan penguasaan kompetensi atau keterampilan abad 21.

“Kesiapan mereka untuk menumbuhkan next inventors, the next Steve Jobs, Tesla berikutnya, dan lainnya yang membuat ekonomi negara kuat dan menjadi pemimpin masa depan,” tuturnya.

Ari mengatakan, Kota Depok akan menjadi tuan rumah di kompetisi robotik bergengsi tingkat Internasional, yaitu FIRST Tech Challenge.

Untuk menyukseskan acara itu, pihaknya berupaya menyebarkan nilai-nilai FIRST dan akan mengundang banyak Wali Kota di Indonesia untuk membentuk tim FTC di sekolah dan mengikuti FIRST Tech Challenge 2024.

“Kompetisi robot FTC FIRST Tech Challenge mengajak anak sekolah usia 12-18 tahun untuk terlibat aktif dalam mengembangkan keterampilan abad 21, memberikan solusi kreatif, pemecahan masalah dan berkolaborasi. Serta berkompetisi dalam permainan robot yang menarik dan menantang,” ucapnya.

Kota Depok Terpilih sebagai perwakilan Indonesia dalam ajang Kota Kreatif UNESCO bidang seni media, Teknonatura bersama Pemkot Depok dan IFR akan berkolaborasi dalam mengadakan kegiatan kompetisi robot dunia. 

 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut