get app
inews
Aa Read Next : Spanyol Raih Emas Olimpiade Paris 2024 Usai Kalahkan Perancis

Rakernas XVI APEKSI di Makassar Dibuka dan Dihadiri 88 Wali Kota se-Indonesia

Rabu, 12 Juli 2023 | 15:49 WIB
header img
Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengahdiri Rakernas APEKSI XVI di Makassar. Foto : Diskominfo Kota Depok

MAKASSAR, iNewsDepok.id - Rapat Kerja Nasional XVI (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Seluruh Indonesia (APEKSI) resmi dibuka pada Rabu, 12 Juli 2023 di Upperhills Convention Hall, Kota Makassar.

Acara ini bertemakan Kota-Kota Maju, Indonesia Kita Kuat dan diikuti sebanyak 88 Wali Kota dan pejabat pemerintahan se-Indonesia salah satunya Wali Kota Depok, Mohammad Idris dan jajarannya.

Mohammad Ramdhan Pomanto, selaku Wali Kota Makassar mengatakan bahwa peran kota-kota di Indonesia sangat penting untuk kemajuan bangsa, sementara rata-rata Wali Kota se-Indonesia akan mengakhiri masa jabatannya pada tahun 2024.

“Maka dari itu, Apeksi tahun ini sangat bersejarah. Kita berada di rotasi kepemimpinan nasional, tentu banyak aspirasi dan inspirasi dari kota yang dibutuhkan untuk membangun negeri dengan sinergi,” ucap Ramdhan dalam sambutannya.

Ramdhan juga menjelaskan, Rakernas dapat dimanfaatkan untuk menjadi wadah untuk para pemimpin daerah berkolaborasi, berbagi pengalam, dan mencari solusi dalam menghadapi permasalahan perkotaan yang rumit.

Di rakernas ini juga dihadiri tiga calon pemimpin Indonesia untuk saling menguatkan kerjasama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Saya kira ini sejarah, karena sebelum para walkot selesai bertugas, kita masih bisa berbuat untuk bangsa dan negara,” lanjutnya.

Bima Arya sebagai ketua APEKSI mengungkapkan, Rakernas memiliki banyak substansi yang akan dibahas seperti : 

  • APEKSI konsisten mengawal otonomi
  • optimis menuju Indonesia Emas 2045
  • semangat politik pembangunan yang terkoordinasi dengan baik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah

“Kami berharap pertemuan ini dapat mendorong terwujudnya pembangunan kota yang bermanfaat langsung bagi masyarakat,” ucap Bima.

“Sekaligus memperkuat posisi Indonesia sebagai negara yang maju dalam pembangunan perkotaan yang berkelanjutan,” tutupnya

 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut