get app
inews
Aa Read Next : Dialog ke-16 FJCCIA-ASEAN: Menjembatani Peluang dan Tantangan Menuju Ekonomi Berkelanjutan

Ultah Ke-48, Bina Desa Dukung Masyarakat Desa Yang Mandiri

Selasa, 11 Juli 2023 | 15:39 WIB
header img
Mengusung tema 'Kiprah Bina Desa dalam Pembangunan Pedesaan', dalam rangka ulang tahunnya, Bina Desa menyelenggarakan 'Bincang Syukuran 48th Bina Desa' bertempat di Kedai Tempo, Sabtu (8/7/2023). Foto: Ist

"Tidak seperti masa lalu di mana umumnya organisasi masyarakat sipil dan pemerintah berada di kutub yang berseberangan," imbuh Rusdin.

Sementara itu, Lily Noviani Batara juga sependapat, terlebih Bina Desa memiliki cita-cita luhur di mana Komunitas Swabina Pedesaan (KSP atau kelompok masyarakat pedesaan) yang juga datang dari kelompok minoritas dan marjinal, mampu menyuarakan kondisi yang tidak memihak kepada mereka.

"Tetapi tantangannya, apakah KSP ini terlibat dalam musrenbangdes dan mereka bisa menjadi pengambil keputusan di desa? Karena ketika KSP mampu berada dalam forum-forum ini, terutama perempuan, anak muda, petani dan nelayan kecil, dan masyarakat marjinal desa, pembangunan pemerintah akan merata dan tepat sasaran," kata Lily.

Sementara proses-proses pengorganisasian di desa yang dilakukan oleh KSP atau pendamping desa, tanpa proses pengorganisasian yang solid maka yang akan mengambil ruang ini adalah elit desa dan apa yang tertuang dalam UU Desa tidak akan dapat terlaksana.

“Sejatinya, Desa adalah tempat di mana kita belajar, bukan hanya tentang alam tapi juga seluruh kehidupan (manusia dan alam). Perlu kita ingat bersama, desa adalah sumber kehidupan maka harus kita jaga.“ Ucap Lily.

Sebagai penutup, turut hadir dalam kesempatan tersebut salah satu seniman musik rock legendaris, Roy Jeconiah (Jecovox Band), yang menyediakan diri mendukung dan menyemangati peserta diskusi yang hadir baik secara luring maupun daring. 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut