get app
inews
Aa Read Next : Aktivis Cilik Indonesia Gemparkan Konferensi Lingkungan di Kanada

Efektifkan Proses Bisnis dan Administrasi PT Patra Drilling Contractor, Manfaatkan Aplikasi RPA

Jum'at, 30 Juni 2023 | 20:27 WIB
header img
PT Patra Drilling Contractor (PDC) semakin merasakan manfaat aplikasi Robotic Process Automation (RPA). Foto: Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Anak perusahaan PT Pertamina (Persero), PT Patra Drilling Contractor (PDC) semakin merasakan manfaat aplikasi Robotic Process Automation (RPA) yang mulai dioptimalkan penggunaannya sejak tahun 2022.

RPA adalah teknologi yang memudahkan pembuatan, pengaplikasian, dan pengelolaan software robots yang dapat menirukan tindakan manusia saat berinteraksi dengan sistem maupun perangkat lunak digital.

Manager IT Patra Drilling Contractor Eki Siswoyo menuturkan, PDC memanfaatkan RPA untuk mengotomatisasi proses dan pekerjaan yang berulang, sehingga memungkinkan perusahaan menghemat waktu dan biaya serta menghindari kesalahan umum akibat kelalaian manusia.

"Dengan adanya RPA pekerjaan Perwira PDC yang bersifat rutin bisa digantikan sehingga lebih menghemat waktu dan lebih akurat. Dengan begitu, sumber daya manusia di lingkungan PDC dapat diberdayakan juga di-upskilling untuk tugas dan level yang lebih strategis," jelas Eki, dalam keterangan tertulisnya Jumat (30/6/2023).

Di tahun pertama, PT PDC yang lebih banyak menggunakan RPA untuk administrasi tugas baru memanfaatkannya untuk aplikasi perjalanan bisnis, pendataan aset di lapangan, kemudian pembuatan form cuti, aplikasi pencatatan BAST, ticketing, DMS, dan tanda terima.

Tahun berikutnya, RPA lanjut dimanfaatkan untuk pengembangan aplikasi pengajuan UMK secara daring, pembuatan invoice yang terdiri dari deklarasi dan dokumen SPPP, pembuatan administrasi dan monitoring kontrak, sampai kepada aplikasi pembuatan invoice dan faktur pajak.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut