get app
inews
Aa Read Next : Inilah 7 Kopi Termahal di Dunia Tahun 2022, Jangan Kaget Harganya Capai Puluhan Juta

Tak Disangka! Kopi Termahal di Dunia Ini Berasal dari Kotoran Burung, Tertarik Mencoba?

Selasa, 20 Juni 2023 | 18:50 WIB
header img
Siapa sangka jika salah satu varietas kopi termahal di dunia ini berasal dari kotoran burung. Foto: imperialteas

 

DEPOK, iNewsDepok.id - Siapa sangka jika salah satu varietas kopi termahal di dunia ini berasal dari kotoran burung. Meski terdengar menjijikkan bagi sebagian orang, tapi varietas kopi ini termasuk yang paling dicari orang.

Varietas kopi termahal dan paling dicari didunia ini dibuat dari kotoran jacu. Jacu merupakan burung besar, hitam, mirip kalkun yang sistem pencernaannya mengeluarkan aroma biji kopi, melansir Oddity Central, pada Selasa (20/6/2023).

Ketika pertama kali kebun kopinya diserbu burung jacu, Henri Sloper, pemilik perkebunan kopi Camocim di negara bagian Espirito Santo, Brazil menjadi panik. Ia tidak tahu jika burung tersebut akan menjadi semacam ‘mitra bisnis’.

Selanjutnya, ia pun menelepon lembaga perlindungan lingkungan, tetapi mereka tidak tahu harus berbuat apa dan menyarankan agar peternakan memperkenalkan beberapa predator alami untuk besar. Tapi itu sulit dilakukan pada burung sebesar jacu.

Pada akhirnya, Sloper memutuskan mengadopsi mantra lama ‘jika Anda tidak bisa mengalahkan mereka, bergabunglah dengan mereka’. Ia pun segera menemukan bahwa invasi burung telah menjadi berkah tersembunyi.

Penikmat kopi sudah tidak asing lagi dengan kopi luwak, kopi termahal dan eksklusif di dunia. Kopi tersebut diolah dari kotoran musang palem Asia dan telah menjadi terkenal secara internasional karena kehalusan aromanya.

Sloper mengetahui hal ini dengan sangat baik. Karena burung jacu tinggal di ladangnya maka ia pun memutuskan untuk membuat kopi luwaknya sendiri. Ia meyakinkan petani untuk memanen kotoran burung jacu, yang ternyata membutuhkan waktu lama.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut