get app
inews
Aa Read Next : Tak Disangka! Kopi Termahal di Dunia Ini Berasal dari Kotoran Burung, Tertarik Mencoba?

Inilah 7 Kopi Termahal di Dunia Tahun 2022, Jangan Kaget Harganya Capai Puluhan Juta

Jum'at, 16 September 2022 | 06:33 WIB
header img
Ilustrasi biji kopi. Foto: Pixabay/christoph

DEPOK, iNewsDepok.id - Para pecinta kopi pernah mencoba kopi termahal di dunia? Ada 7 kopi termahal di dunia yang harganya cukup mencengangkan, yakni mencapai puluhan juta rupiah. Wow!

Memang saat ini kopi telah menjadi gaya hidup sehari-hari. Bahkan di sejumlah negara, minum kopi merupakan sebuah kebudayaan.

Hingga saat ini, kopi telah lebih diproduksi dari 70 negara di dunia yang mayoritas berada di daerah garis khatulistiwa karena memang tanaman kopi dapat tumbuh dengan baik di iklim tropis.

Brazil menjadi negara penghasil kopi terbesar di dunia yang dapat menghasilkan 5 miliar pound kopi per tahunnya, demikian seperti dilansir dari laman worldpopulationreview.com.

Meskipun begitu kopi termahal di dunia bukanlah berasal dari Brazil. Sementara Indonesia, yang berada di daerah garis khatulistiwa, berada di posisi ke empat dengan menghasilkan 1,4 miliar per tahun.  

Melansir coffeeaffection.com, ada beberapa hal yang membuat kopi begitu mahal, antara lain biaya pembuatan serta tingginya permintaan hingga kualitas produk.

Lantas apa saja kopi termahal di dunia? Simak penjelasan berikut ini 7 kopi termahal di dunia tahun 2022, seperti dikutip dari laman Coffee Affection, pada Jumat (16/9/2022):

  1. Ospina Dynasty Coffee

Urutan pertama kopi termahal di dunia adalah kopi hasil produksi perusahaan Ospina yang berada di Kolombia. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1835, yang didirikan oleh Don Mariano Ospina Rodriguez.

Kopi jenis ini merupakan varietas paling mahal yang diproduksi perusahaan tersebut. Untuk harga kopi termahal di dunia ini mencapai USD1.540 atau sekitar Rp23 juta per setengah kilogram. Tak heran bila kopi ini menjadi yang paling mahal di dunia.

  1. Black Ivory Coffee

Dalam proses pembuatan kopi Black Ivory ini dibantu oleh binatang yakni gajah. Biji kopi yang diberikan ke Gajah ini juga termasuk biji jenis arabika.

Harga dari kopi fermentasi gajah ini mencapai USD1.081 atau sekitar Rp16 juta per setengah kilogram.  

  1. Kopi Luwak

Kopi Luwak asal Indonesia cara pembuatannya menggunakan binatang yakni luwak. Proses fermentasi biji kopi arabika yang menggunakan binatang ini ternyata memiliki kualitas yang bagus.

Hasil dari fermentasi luwak ini menghasilkan kopi yang halus dan tidak terlalu pahit. Tak heran bila harganya mahal, yakni USD400 atau hampir mencapai Rp6 juta per setengah kilogram.  

  1. Hacienda Esmeralda Geisha

Hacienda Esmeralda merupakan nama dari perkebunan kopi yang berada di Panama, Amerika Tengah. Perkebunan ini menghasilkan biji kopi khusus yang diberi nama Geisha.

Mengenai harga dari satu pound atau setengah kilogram kopi Hacienda Esmeralda Geisha mencapai USD120 atau sekitar Rp1,8 juta.

Benih biji kopi termahal di dunia ini ditemukan secara tidak sengaja. Pada awalnya sebuah keluarga di wilayah perkebunan tersebut membeli benih kopi yang tidak dikenal. Setelah ditanam ternyata tanaman kopi tersebut tahan penyakit dan menghasilkan biji kualitas unggul.

  1. Jamaican Blue Mountain

Jenis kopi Jamaican Blue Mountain fitanam di daerah pegunungan khusus yang berada di Jamaika. Kopi gourmet ini sudah dikenal sejak abad ke-18 dan telah tersertifikasi.

Kopi ini memiliki sedikit rasa masam dan memiliki aroma yang wangi macam bunga. Harga kopi ini sekitar USD100 atau sekitar 1,5 juta per setengah kilogram.  

  1. Koa Coffee Kona

Biji kopi Koa Coffee Kona ini berasal dari gunung berapi di Mauna Loa, salah satu tempat di Kepulauan Hawai. Proses dari pembuatan kopi ini masih sangat alami.

Kopi Kona terkenal akan rasanya yang kompleks dan sangat aromatik sementara teksturnya sendiri sangat halus. Soal harga, satu pound kopi ini sekitar USD52 atau Rp776 ribu.  

  1. El Injerto Geisha

Kopi El Injerto Geisha berasal dari perkebunan El Injerto yang berada di Guatemala, sebuah negara yang terletak di wilayah Amerika Tengah.

Kopi ini memiliki aroma yang harum, yang menjadi keunggulannya.Untuk satu pound atau per setengah kilogram kopi ini dihargai USD50 atau Rp746 ribu.  

Artikel ini tayang di Sindonews.com dengan judul “7 Kopi Termahal di Dunia, Nomor Lima dari Indonesia”

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut