get app
inews
Aa Read Next : Pengusaha Muda Indonesia Adit Setiawan Ajak Investor India Masuk Indonesia

Kursi Sang Pendidik Bangsa Hancur di Kota Pelajar Pasca Tawuran di Taman Siswa

Selasa, 06 Juni 2023 | 08:47 WIB
header img
Sejumlah peninggalan bersejarah di Museum Dewantara Kirti Griya rusak akibat tawuran di Tamansiswa. Foto: iNews.id/Yohanes Demo

JOGJA, iNewsDepok.id - Pasca kerusuhan akibat tawuran massal yang melibatkan massa dari Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dan kelompok suporter Brajamusti PSIM Jogja, meninggalkan duka yang mendalam. Museum yang menjadi rumah bapak pendidikan bangsa Ki Hadjar Dewantara, turut menjadi korban perusakan oleh massa yang beringas.

Museum Dewantara Kirti Griya (MDKG), yang berada di Jalan Taman Siswa No. 31, Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengalami kerusakan yang cukup parah.

Kepala Museum Dewantara Kirti Griya, Muryanto sangat menyesalkan atas kerusuhan di Jogja pada Minggu (4/6/2023) malam. Akibat ulah massa tak bertanggung jawab, hal itu berimbas pada rusaknya sejumlah koleksi berharga milik museum.

"Ada kursi sama meja yang dulu biasa digunakan untuk duduk sama Ki Hadjar Dewantara kalau pas sore-sore lihat anak-anak latihan tari di pendopo," kata Muryanto kepada iNews.id, Senin (5/6/2023).

Muryanto menjelaskan, saat kejadian ada ratusan orang dari salah satu kelompok massa terpaksa dievakuasi ke area dalam museum agar selamat dari kejaran dan lemparan batu kelompok massa lainnya.

Namun, justru kericuhan menjalar hingga ke area museum sehingga membuat beberapa barang rusak.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut