get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Bus Pariwisata di Turunan Ciater, Subang, Timbulkan Kekhawatiran Bagi Orangtua

Sambut PENAS XVI di Sumbar, Mentan SYL Minta Konsolidasi Ancaman Krisis Pangan

Rabu, 31 Mei 2023 | 21:47 WIB
header img
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), saat meninjau kesiapan lokasi di Lanud Sutan Syahrir Padang. Foto: dok Kementan

PADANG, iNewsDepok.id - Pekan Nasional (Penas) XVI Petani dan Nelayan akan berlangsung di Padang, Sumatra Barat (Sumbar), pada 10-15 Juni 2023. Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), saat meninjau kesiapan lokasi di Lanud Sutan Syahrir Padang.

Syahrul menyebut bahwa Penas tahun ini harus menjadi bagian strategis dari upaya konsolidasi bersama dalam menjaga ketahanan pangan nasional di tengah ancaman krisis pangan. 

“Ini adalah bagian-bagian untuk mengonsolidasi, kekuatan dan potensi pertanian, di dalam menjaga ketahanan pangan nasional kita” ungkap Syahrul, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/5/2023).

Dampak fenomena iklim El Nino berpotensi memberi ancaman kekeringan yang cukup parah terhadap pertanian, Mentan SYL menambahkan, selain iklim yang cukup ekstrim, ketegangan politik yang terjadi diberbagai belahan dunia turut memberi tantangan yang cukup besar terhadap pembangunan sektor pertanian dan ketahanan pangan negara. 

“Acara Penas nanti ini harus menjadi puncak komunikasi emosional kita, bukan hanya konsepsi atau idealisme saja, besok ada El Nino, besok ada warning terhadap krisis pangan dunia, karena cuaca ekstrim, serangan hama dimana mana, oleh karena itu Penas ini sangat penting untuk menyatukan visi dan pandangan kita dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan,” tegas Syahrul.

Sebagai tuan rumah perhelatan Penas untuk pertama kalinya, Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah, menyampaikan pandangan senada dengan Mentan.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut