get app
inews
Aa Read Next : Kemenag Kembangkan Layanan Chatbot Alquran dengan Teknologi Artificial Intelligence

Alquran Terkecil di Dunia Sejak Abad 19, Ada Sejarah Besar di Balik Penemuannya

Selasa, 23 Mei 2023 | 12:36 WIB
header img
Inilah Alquran terkecil di dunia yang ditemukan di Albania, negara yang terletak di Eropa tenggara. Foto: AFP

DEPOK, iNewsDepok.id - Inilah Alquran terkecil di dunia yang ditemukan di Albania, negara yang terletak di Eropa tenggara. Menurut para sarjana, itu adalah salah satu Alquran terkecil yang tercatat, dengan kitab suci yang sangat kecil disimpan di dalam kotak perak yang menghitam karena usia.

Alquran seukuran perangko ini telah diwariskan melalui satu keluarga selama beberapa generasi. Keluarga ini selamat dari perang dan salah satu ‘rezim tak bertuhan’ paling fanatik di dunia.

Keturunan dari keluarga tersebut, Mario Prushi dengan hati-hati mencuci tangan dan wajahnya sebelum mencium dan menempelkan salah satu Alquran terkecil di dunia ke dahinya.

"Kami menjaganya dari generasi ke generasi dengan dedikasi mutlak," pria berusia 45 tahun ini di rumahnya di Tirana, Albania, seperti dilansir iNewsDepok.id dari Qantara.de, Selasa (22/5/2023).

Alquran terkecil di dunia ini memiliki ukuran sangat mungil, dengan lebar 2 sentimeter dan tebal 1 sentimeter.

Dengan ukuran yang mungil, Alquran ini nyaris tak kelihatan di telapak tangan Prushi. Bahkan, Alquran mini ini hanya dapat dibaca dengan kaca pembesar kecil yang tertanam di wadahnya.

Usia Alquran ini sulit ditentukan tanpa adanya analisis ilmiah. Seorang peneliti studi Alquran di Universitas Beder di Tirana, Elton Karaj mengatakan salinan setebal 900 halaman itu setidaknya telah ada sejak abad ke-19.

“Alquran ini dicetak dalam format yang sangat kecil, salah satu yang terkecil di dunia. Dari tampilannya, penerbitannya dimulai pada akhir abad ke-19. Ini adalah karya yang luar biasa, sangat berharga. Beruntung salinan ini ada di Albania," jelas Karaj.

Menariknya dari Alquran terkecil di dunia ini, bukan hanya ukurannya yang mungil. Ada sejarah yang luar biasa di balik penemuan kitab suci agama Islam ini.

Alquran ini telah mengubah keluarga Prushi dari penganut Katolik menjadi penganut agama Islam.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut