get app
inews
Aa Read Next : Lebaran Depok Meriah!!! Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono : Budaya Depok Semakin Dikenal

Gara-gara Lato-lato, Harga Sapi Menjelang Idul Adha di Kebumen Anjlok Drastis

Minggu, 21 Mei 2023 | 23:08 WIB
header img
Pedagang sapi di Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, mengeluhkan anjloknya harga jual sapi karena penyakit lato-lato atau Lumpy Skin Disease (LSD). Foto: iNews Depok/Tama

"Ini saya jual Rp11 juta, normalnya ini Rp15 juta. Gara-gara lato-lato, harganya jadi anjlok," kata Sarmudi kepada iNews Depok, Minggu (21/5/2023).

Senada dengan Sarmudi, pedagang sapi lain mengaku anjloknya harga sapi bisa turun hingga 70 persen. Hal ini disebabkan penyakit LSD tersebut.

"Berpengaruh sekali semenjak ada lato-lato. Sapi yang tadinya harga Rp20 juta, kini hanya laku Rp11-12 juta saja. Harga anjlok hingga 70 persen," kata Muhammad Syaifudin.

Syaifudin menambahkan, semenjak ada penyakit LSD ini, sedikit sekali sapi yang dipasarkan di pasar hewan. Ia mengaku, banyak sapi mati karena penyakit ini.

"Biasanya ada sekitar 50 sapi dijual di pasar ini. Sekarang saja cuma ada satu sapi yang dipajang. Tingkat kematian sapi 70 hingga 80 persen karena lato-lato," ujar Syaifudin.

Bicara soal kesiapan permintaan sapi pada hari raya Iduladha, Syaifudin mengatakan, banyak calon pembeli enggan membeli sapi dari Jawa Tengah, karena dampak penyakit LSD ini.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut