get app
inews
Aa Read Next : Mirip Tiktok, YouTube Music Hadirkan Samples untuk Jelajahi Musik Baru

Bocoran Aplikasi Baru Instagram, jadi Pesaing Berat Twitter?

Sabtu, 20 Mei 2023 | 17:29 WIB
header img
Bocoran mengenai aplikasi berbasis teks baru dari Instagram yang mirip dengan Twitter. Foto: Twitter/Lia Haberman

JAKARTA, iNewsDepok.id - Bocoran mengenai media sosial terbaru yang berbasis teks dari Instagram beredar di dunia maya. Lia Haberman, seorang ahli pemasaran sosial media dan influencer, menyebarkan bocoran presentasi marketing dan detail aplikasi tersebut dalam newsletter miliknya, ICYMI pada Jumat (19/5/2023).

Dilansir dari situs The Verge, dalam bocoran tersebut tidak diberitahu nama media sosial terbaru itu, hanya tertulis "aplikasi berbasis teks baru dari Instagram untuk percakapan", diterjemahkan dari bahasa Inggris.

Menurut Haberman, aplikasi tersebut mempunyai codename "P92" atau "Barcelona". Pengguna akan dapat masuk menggunakan username dan kata sandi Instagram yang sudah ada. Pengikut, foto profil, bio, dan verifikasi pengguna akan ditransfer dari aplikasi Instagram utama.

Dalam aplikasi itu, pengguna akan melihat feed dan bisa membuat posting teks hingga 500 karakter panjangnya bersama tautan, foto, dan video. Aplikasi tersebut terlihat seperti campuran Instagram dan Twitter jika disatukan.

Perusahaan induk Instagram, Meta akan mempunyai kontrol moderasi yang baik dari awal. Pengguna dapat mengatur siapa saja yang dapat membalas dan mention akunnya. Akun yang sudah diblokir dan kata-kata yang disembunyikan di Instagram akan dibawa ke aplikasi itu.

Haberman menambahkan, aplikasi ini juga akan memiliki elemen desentralisasi. Dari gambar bocoran, tertulis "aplikasi kami akan kompatibel dengan aplikasi tertentu lainnya seperti Mastodon".

"Pengguna dari aplikasi lain akan dapat mencari, mengikuti, dan berinteraksi dengan profil dan konten pengguna jika (profil diatur) publik, atau jika privat dan menyetujuinya sebagai pengikut," jelas gambar dari Instagram itu.

Jika aplikasi ini nantinya dirilis, tak menutup kemungkinan akan menjadi pesaing berat Twitter, ditambah dengan memburuknya citra Twitter sejak diambil alih oleh Elon Musk.

Bahkan, aplikasi tersebut bisa menjadi lebih populer akibat sudah banyak orang menggunakan Instagram dan mempunyai pengikut sebelumnya, sehingga tidak perlu memulainya dari nol.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut