get app
inews
Aa Read Next : Rekomendasi HP Huawei yang Sudah Menggunakan Lensa Leica Terbaik 2024

Jangan Panik, Ini 4 Cara Melacak HP Android yang Hilang

Senin, 08 Mei 2023 | 11:40 WIB
header img
Salah satu cara melacak HP Android yang hilang, yaitu dengan menggunakan fitur Find My Device oleh Google. Foto: Tangkapan Layar

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kemalangan bisa terjadi kapan saja. Handphone yang sudah dijaga dengan baik, bisa saja kecolongan seperti tertinggal atau diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Pasalnya, handphone sudah menjadi barang yang telah lekat dalam kehidupan kita.

Tidak hanya kehilangan materiel, tetapi juga isi yang ada di dalamnya, yaitu data-data pribadi seperti galeri foto, akun WhatsApp, akun media sosial, akun mobile banking, dll. Hal-hal tersebut bisa disalahgunakan oleh orang lain untuk kejahatan yang tak ingin kita alami. Maka dari itu, kita harus benar-benar menjaga handphone agar tetap aman.

Walau begitu, dengan adanya teknologi yang mutakhir, kita dapat melacak keberadaan handphone yang hilang dan menjaga data-data pribadi kita. Di perangkat Android contohnya, kita bisa mengeluarkan akun Google kita dari handphone yang hilang untuk mencegah penyalahgunaan data pribadi. Selain itu, kita juga bisa melacak di mana handphone kita yang hilang dengan berbagai cara.

Simak empat cara melacak lokasi handphone Android yang hilang.

1. Menggunakan fitur Find My Device oleh Google

  • Buka situs google.com/android/find melalui browser.
  • Masuk ke akun Google yang terdaftar di handphone yang hilang.
  • Nanti akan muncul notifikasi di handphone yang hilang dari Google Play Service.
  • Akan ada tiga pilihan di layar, pertama yaitu Play Sound untuk membuat handphone berdering selama 5 menit sebagai penanda lokasi, walaupun handphone dalam mode diam.
  • Jika handphone yang hilang karena dicuri atau sudah tak dapat kembali, kita bisa memilih opsi Secure Device untuk mengunci perangkat yang hilang dan mengeluarkan akun Google dari perangkat. Kita juga bisa memilih opsi Erase Device untuk menghapus semua data dalam handphone secara permanen agar tidak disalahgunakan, tetapi handphone tidak akan bisa dilacak lagi.

    Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut