get app
inews
Aa Read Next : Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono Kunjungi dan Beri Bantuan Kepada Penerima Bantuan RTLH

Cari Informasi Lebih Cepat, AI Milik Google Bisa Rangkum Artikel Panjang di Internet

Rabu, 16 Agustus 2023 | 20:16 WIB
header img
Search Generative Experience (SGE) milik Google akan menggunakan AI untuk merangkum artikel panjang yang ada di internet. Foto: Google

DEPOK, iNewsDepok.id - Kecerdasan buatan (AI) generatif milik Google, Search Generative Experience (SGE) mendapatkan fitur baru, yaitu bisa merangkum artikel yang pengguna baca dalam internet.

Menurut Google, dalam postingan blognya pada Selasa (15/8/2023), SGE sudah bisa merangkum hasil penelusuran untuk pengguna sehingga tidak perlu mencari lebih jauh untuk menemukan apa yang dicari. Fitur ini dirancang untuk terus membantu pengguna setelah benar-benar mengklik tautan.

Fitur yang diberi nama "SGE while browsing" ini bisa dengan cepat menghasilkan rangkuman dalam bentuk poin-poin dari artikel yang panjang di internet. Google memposisikannya sebagai tool yang pengguna bisa gunakan untuk lebih mudah memahami topik kompleks yang memerlukan riset mendalam.

Google mengatakan fitur baru tersebut mulai dirilis sejak kemarin sebagai "eksperimen awal" dalam program Search Labs. Jadi, tidak semua pengguna dapat menggunakan fitur tersebut sekarang. Fitur itu akan tersedia pertama di aplikasi Google untuk Android dan iOS. Perusahaan raksasa teknologi tersebut akan membawanya ke peramban web Chrome untuk desktop dalam beberapa waktu mendatang.

Jika sudah memiliki akses, Google akan menghasilkan poin-poin penting untuk halaman yang pengguna kunjungi. Pengguna akan melihat opsi yang mengatakan "Get AI-powered key points" di bagian bawah layar perangkat seluler atau di sidebar desktop. Tiap poin penting akan mengarahkan pengguna ke bagian yang ada dalam artikel, memudahkan pengguna mendapatkan informasi tertentu dengan cepat. Ada juga bagian "Explore on page" untuk pengguna bisa melihat beberapa pertanyaan yang dijawab di artikel.

Google juga membuat beberapa peningkatan untuk SGE. Pada hasil SGE untuk penelusuran tentang topik seperti sains, ekonomi, dan sejarah, Google menyatakan pengguna akan dapat mengarahkan kursor ke kata-kata tertentu untuk mendapatkan definisi atau diagram tentang suatu topik. Google juga membuat pengguna lebih mudah dalam memahami rangkuman SGE dari informasi pengkodean.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut