get app
inews
Aa Read Next : Polres Metro Depok Kunjungi Sekolah Wirabuana untuk Berikan Nasehat Anti-Bullying

Inilah 50 Duta Pertanian Muda Kementan Dalam Young Ambassador Agriculture 2023

Jum'at, 05 Mei 2023 | 15:02 WIB
header img
Kementan kukuhkan 50 Young Ambassador Agriculture. Foto: Ist

"Kita harus saring merangkul, bukan saling memukul," tegas Dedi.

Melalui kegiatan ini, diharapkan Young Ambassador Agriculture dapat menginspirasi, memotivasi, dan mendorong kaum muda agar memulai bisnis mereka sendiri di bidang pertanian. Mulai dari on-farm hingga off-farm yang dapat menambah nilai dalam rantai nilai produk pertanian, ditampilkan dalam kegiatan ini.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian sekaligus Direktur Program YESS, Idha Widi Arsanti menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan kali kedua dimana pada tahun 2022 telah dikukuhkan sebanyak 15 Young Ambassador Agriculture Program YESS, dan tahun ini dikukuhkan sebanyak 50 orang.

“Rangkaian seleksi Young Ambassador Agriculture telah dimulai sejak Januari 2023. 
Tercatat animo pendaftar mencapai 1.051 dari Provinsi Aceh sampai dengan Papua," ujar Santi.

Lebih lanjut Santi menjelaskan, sebanyak 90 orang mengikuti pembekalan (bootcamp) yang dilaksanakan pada  23 - 28 Februari 2023 dengan materi meliputi pengembangan agribisnis, komunikasi bisnis dan kemitraan,  penggunaan media sosial, dan kepemimpinan.

Pada akhir bootcamp terpilih 70 nominasi Young Ambassador Agriculture yang berlanjut dalam seleksi akhir menuju Grand Final yang dilangsungkan mulai tanggal 2 hingga 4 Mei 2023. Pada akhirnya, ditetapkan sebanyak 50 Young Ambassador Agriculture yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.


"Saatnya generasi muda untuk mengambil peranan dalam pembangunan pertanian. Terbukti banyak generasi muda  saat ini yang menjadi pelopor dalam usaha pertanian. Ini adalah contoh nyata bahwa pertanian tidak identik dengan kotor dan kemiskinan.  

“Bersama-sama kita berkontribusi dalam pembangunan pertanian mewujudkan pertanian yang maju, mandiri dan modern," jelas Santi.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut