get app
inews
Aa Read Next : Telkomsel Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah

Mengenal 6 Tradisi dan Budaya Unik Lebaran Betawi, Salah Satunya Nyorog dan Andilan

Sabtu, 22 April 2023 | 16:36 WIB
header img
Tradisi nyorog atau rantangan. Foto: Dinas Kebudayaan Jakarta

DEPOK, iNewsDepok.id - Sedikitnya ada 6 tradisi dan budaya unik Lebaran Betawi yang sebaiknya diketahui warga yang tinggal di Jakarta, termasuk Depok. Tradisi dan budaya ini ada yang mulai hilang, namun ada juga yang masih bertahan.

Umumnya, tradisi dan budaya unik Lebaran Betawi ini dilakukan pada malam takbiran hingga setelah shalat Idul Fitri.

Penasaran apa saja tradisi dan budaya unik Lebaran Betawi? Berikut ini 6 tradisi dan budaya unik Lebaran Betawi, seperti dirangkum dari jakarta.go.id, pada Sabtu (22/4/2023):

6 Tradisi dan Budaya Unik Lebaran Betawi

  1. Nyorog atau Tuker Rantang

Tradisi nyorog atau sorogan atau tuker rantang biasanya dilakukan sebelum berpuasa dan di malam takbiran budaya itu kembali dihidupkan. Biasanya isi rantang semur daging maupun ketupat ketan dan sayur sambel godok.

Kemudian rantang akan dikembalikan dan diisi makanan oleh orang yang tadinya diberi. Tradisi ini merupakan wujud silaturahmi warga Betawi dengan cara saling berbagi makanan antara tetangga, kerabat, dan saudara.

  1. Membuat Panganan Khas Betawi

Seminggu atau minimal 3 hari sebelum Lebaran biasanya para perempuan sibuk mencari bahan dan mengolahnya untuk dijadikan panganan sebagai sajian di rumah atau dibagikan kepada tetangga maupun sanak keluarga.

Panganan khas Betawi saat Lebaran antara lain ketupat sayur godog, opor ayam, hingga sayur gabus pucung. Sementara, penganannya seperti tape uli, kue nastar, dodol Betawi, wajik Betawi, kue semprit, kue melinca, manisan kolangkaling, dan manisan cereme.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut