get app
inews
Aa Read Next : 39% Anak Muda Menabung untuk Gaya Hidup, OCBC Berikan Tips Gaya Hidup FUN, Finansial FIT

Terus Berinovasi, Bank OCBC NISP Berhasil Tingkatkan Kesehatan Financial Generasi Muda Indonesia

Rabu, 12 April 2023 | 16:00 WIB
header img
Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP (tengah). Foto: Ist

Konsisten Dukung Masyarakat Agar Lebih #FinanciallyFit

Saat ini, pemerintah tengah menggaungkan Indonesia Emas 2045, sebuah visi untuk membangun negara maju yang berdaulat, adil, dan makmur. 

Salah satu tujuan pilarnya adalah untuk memajukan kesejahteraan umum dengan tolak ukur sehat secara finansial. Dengan demikian, inklusi dan literasi keuangan sangat diperlukan. 

Selaras dengan hal tersebut, Bank OCBC NISP terus berinovasi untuk mengembangkan berbagai inisiatif guna membangun masyarakat yang #FinanciallyFit.

Hal tersebut juga sesuai dengan hasil OCBC NISP Financial Fitness Index 2022, sebuah riset tahunan hasil kolaborasi dengan NielsenIQ yang menunjukkan bahwa skor Financial Fitness atau skor kesehatan finansial generasi muda Indonesia naik menjadi 40.06 di tahun 2022, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu 37.72. 

Meskipun demikian, sebanyak 76% masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan keuangan yang perlu dibenahi.

Salah satu upaya Bank OCBC NISP untuk meningkatkan skor kesehatan finansial masyarakat adalah dengan terus mengampanyekan solusi Financial Fitness Bank OCBC NISP melalui berbagai inisiatif termasuk meluncurkan Financial Fitness Gym (FFG), kantor cabang Bank OCBC NISP yang berbentuk experience centre – dimana masyarakat datang ke sana tidak sekadar untuk bertransaksi, namun mengedepankan edukasi dengan konsep ‘financial fitness sama dengan physical fitness.’ 

Saat ini FFG terdapat di Mall Ciputra Surabaya, dan yang terbaru berlokasi di The COVE, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Lebih dari itu, Bank OCBC NISP juga secara aktif menyelenggarakan lebih dari 300 kelas edukasi daring dan luring, termasuk kelas webinar Ruang MeNYALA, kegiatan financial EducatiON dan kegiatan edukasi lainnya yang diikuti oleh lebih dari 78.000 peserta. 

Bank juga secara reguler membuat dan mendistribusikan konten-konten edukasi di media digital dan media sosial yang dimiliki.

Inisiatif-inisiatif Bank OCBC NISP untuk mengedukasi masyarakat terkait pengelolaan keuangan membuahkan hasil positif. 

Pada tahun 2022, minat nasabah untuk mengembangkan dananya melalui produk-produk investasi meningkat, terlihat dari transaksi produk wealth management Bank OCBC NISP untuk produk reksadana, bancassurance, dan surat berharga yang secara keseluruhan mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 9% YoY.

Lebih dari itu, Bank mencatat peningkatan penyaluran KPR Bank OCBC NISP sepanjang tahun 2022 sebesar 25% YoY, baik untuk KPR Kendali dan KPR Easy Start.

“Peran perbankan sebagai salah satu ujung tombak perekonomian sangatlah penting. Untuk itu, kami akan terus berinovasi dan mengakselerasi kapabilitas digital sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga kita semua dapat lebih #FinanciallyFit,” pungkas Parwati.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut