JAKARTA, iNewsDepok.id - Selama lebih dari 82 tahun, Bank OCBC NISP berdiri tangguh dan secara konsisten membukukan kinerja yang positif, serta prudent dalam menjalankan bisnisnya.
Tercermin dalam laporan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank OCBC NISP 2023 yang digelar di OCBC NISP Tower, Dr. Satrio, Karet Kuningan, Jakarta Selatan pada Selasa, 11 April 2023.
Dilaporkan, total aset Bank OCBC NISP pada 2022 tumbuh 11% YoY menjadi Rp238,5 triliun sehingga laba bersih Bank turut mencatatkan pertumbuhan 32% YoY pada tahun 2022.
Tumbuhnya laba Bank OCBC NISP didorong antara lain oleh kenaikan pendapatan bunga bersih sebesar 14% YoY dan penurunan pada beban cadangan kerugian sebesar 25% YoY.
Simpanan Nasabah (DPK) pada akhir tahun 2022 mencapai Rp176 triliun, dengan komposisi 55% terdiri dari giro dan tabungan, serta 45% merupakan Deposito.
Peningkatan kinerja Bank OCBC NISP juga terlihat pada sisi penyaluran kredit, yang naik sebesar 14% YoY.
Kenaikan tersebut didukung oleh penyaluran kredit segmen business banking yang tumbuh 13% YoY dan retail banking tumbuh sebesar 16% YoY.
Salah satu faktor pendukung kenaikan di retail banking adalah pertumbuhan kredit konsumer sebesar 24% pada tahun 2022.
Membaiknya permintaan kredit telah mendorong peningkatan Loan to Deposits Ratio (LDR) menjadi 77,2% pada akhir tahun 2022.
Di sisi lain, penyaluran kredit Bank OCBC NISP senantiasa diiringi kualitas yang terjaga, dimana tingkat NPL Gross (Kredit Bermasalah Bruto) berada di level 2,4%.
Penyisihan Kerugian Kredit terhadap Kredit Bermasalah Bruto juga berada di posisi yang baik pada level di atas 200%, mencerminkan Bank telah menjalankan prinsip kehati-hatian dalam mengelola kredit yang disalurkan.
Bank OCBC NISP merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.
“Kinerja positif dan berkelanjutan Bank OCBC NISP tidak terlepas dari dukungan semua pemangku kepentingan yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk dapat menjadi mitra perbankan. Selanjutnya, Bank akan senantiasa konsisten menerapkan prinsip kehati-hatian dan berpedoman pada kegiatan perbankan yang bertanggung jawab serta berinovasi agar layanan keuangan dapat terjangkau di mana saja dan kapan saja,” papar Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP.
Konsisten Dukung Masyarakat Agar Lebih #FinanciallyFit
Saat ini, pemerintah tengah menggaungkan Indonesia Emas 2045, sebuah visi untuk membangun negara maju yang berdaulat, adil, dan makmur.
Salah satu tujuan pilarnya adalah untuk memajukan kesejahteraan umum dengan tolak ukur sehat secara finansial. Dengan demikian, inklusi dan literasi keuangan sangat diperlukan.
Selaras dengan hal tersebut, Bank OCBC NISP terus berinovasi untuk mengembangkan berbagai inisiatif guna membangun masyarakat yang #FinanciallyFit.
Hal tersebut juga sesuai dengan hasil OCBC NISP Financial Fitness Index 2022, sebuah riset tahunan hasil kolaborasi dengan NielsenIQ yang menunjukkan bahwa skor Financial Fitness atau skor kesehatan finansial generasi muda Indonesia naik menjadi 40.06 di tahun 2022, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu 37.72.
Meskipun demikian, sebanyak 76% masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan keuangan yang perlu dibenahi.
Salah satu upaya Bank OCBC NISP untuk meningkatkan skor kesehatan finansial masyarakat adalah dengan terus mengampanyekan solusi Financial Fitness Bank OCBC NISP melalui berbagai inisiatif termasuk meluncurkan Financial Fitness Gym (FFG), kantor cabang Bank OCBC NISP yang berbentuk experience centre – dimana masyarakat datang ke sana tidak sekadar untuk bertransaksi, namun mengedepankan edukasi dengan konsep ‘financial fitness sama dengan physical fitness.’
Saat ini FFG terdapat di Mall Ciputra Surabaya, dan yang terbaru berlokasi di The COVE, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.
Lebih dari itu, Bank OCBC NISP juga secara aktif menyelenggarakan lebih dari 300 kelas edukasi daring dan luring, termasuk kelas webinar Ruang MeNYALA, kegiatan financial EducatiON dan kegiatan edukasi lainnya yang diikuti oleh lebih dari 78.000 peserta.
Bank juga secara reguler membuat dan mendistribusikan konten-konten edukasi di media digital dan media sosial yang dimiliki.
Inisiatif-inisiatif Bank OCBC NISP untuk mengedukasi masyarakat terkait pengelolaan keuangan membuahkan hasil positif.
Pada tahun 2022, minat nasabah untuk mengembangkan dananya melalui produk-produk investasi meningkat, terlihat dari transaksi produk wealth management Bank OCBC NISP untuk produk reksadana, bancassurance, dan surat berharga yang secara keseluruhan mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 9% YoY.
Lebih dari itu, Bank mencatat peningkatan penyaluran KPR Bank OCBC NISP sepanjang tahun 2022 sebesar 25% YoY, baik untuk KPR Kendali dan KPR Easy Start.
“Peran perbankan sebagai salah satu ujung tombak perekonomian sangatlah penting. Untuk itu, kami akan terus berinovasi dan mengakselerasi kapabilitas digital sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga kita semua dapat lebih #FinanciallyFit,” pungkas Parwati.
Editor : M Mahfud