get app
inews
Aa Read Next : Hadiri Perayaan HUT ke 40 Sekolah Bintara, Imam Budi Hartono Apresiasi Kontribusi Sekolah Bintara

5 Tips Persiapan Mudik Agar Perjalanan Lancar

Selasa, 11 April 2023 | 03:30 WIB
header img
Suasana penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) di Stasiun Pasar Senen. Foto: iNews Depok/Tama

DEPOK, iNewsDepok.id - Mudik menjadi suatu tradisi yang rutin dilakukan bagi kaum Muslim menjelang hari raya Idulfitri. Momen ini dijadikan untuk ajang bertemu dan melepas rindu dengan orang tua dan sanak saudara di kampung halaman.

Persiapan tentu saja harus dilakukan dari jauh-jauh hari. Contohnya adalah biaya, waktu, dan tentu kesehatan fisik. Kita tentu tidak ingin perjalanan mudik terhambat karena sakit, kekurangan uang, atau pekerjaan yang belum selesai sebelum lebaran.

Berikut tips persiapan mudik yang bisa membuat perjalanan lancar dan aman!

1. Beli tiket transportasi dari jauh-jauh hari.

Para perantau baiknya membeli tiket minimal 10 hari sebelum keberangkatan agar tidak kehabisan tiket dan tidak terlalu mahal. Biasanya, bisa membeli sebulan sebelum lebaran agar lebih murah dan lebih banyak pilihan armada atau maskapai.

2. Jaga kesehatan fisik.

Jika sakit, tentu kita akan terhambat dalam perjalanan mudik. Mudik akan menguras tenaga dan pikiran. Maka dari itu, mulai sekarang perhatikan pola makan dan makanan yang masuk ke dalam tubuh, jangan lupa mengonsumsi vitamin dan tidur yang cukup. Sebelum berangkat, pastikan saat sahur sudah makan yang cukup sehingga kuat di perjalanan nanti. Persiapkan juga obat-obatan dan air putih jikalau merasa sakit di perjalanan.

3. Bawa barang secukupnya.

Tidak perlu membawa banyak barang bawaan. Sesuaikan dengan rencana perjalanan yang sudah kamu buat. Jika barang yang dibawa terlalu banyak, nanti akan menyulitkan kita di perjalanan.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut