get app
inews
Aa Read Next : Awas! Inilah 5 Makanan yang Menguras Energi, Hindari agar Tetap Segar dan Aktif

Bolehkah Pakai Parfum Beralkohol untuk Salat? Ini Penjelasan Sheikh Assim Al Hakeem

Sabtu, 08 April 2023 | 16:42 WIB
header img
Ilustrasi parfum. Foto: shutterstock

DEPOK, iNewsDepok.id – Minuman yang mengandung alkohol merupakan salah satu hal yang diharamkan dalam agama Islam. Bagaimana untuk parfum yang mengandung alkohol, apakah boleh dipakai saat akan menjalankan Salat?

Sheikh Assim Al Hakeem seorang cendekiawan Islam terkemuka, menjawab pertanyaan tersebut dengan sangat jelas. Seperti yang tampak dalam video yang diunggahan oleh akun TikTok @ayo_shalat.

"Apakah boleh menggunakan parfum yang terdapat alkohol dan apakah salat kita akan sah jika kita salat setelah menggunakannya?" ucap narator dalam video TikTok tersebut.

"Jadi secara dasarnya kita telah menjawab ini sebelumnya. Parfum yang mengandung alkohol sangat dilarang untuk diminum. Karena ini memabukkan kalian," jawab Sheikh Assim Al Hakeem.

“Duh, siapa yang mau minum (parfum)? Beritahu saya,” ucap Sheikh Assim Al Hakeem sambil tersenyum.

Sheikh Assim Al Hakeem kemudian melanjutkan penjelasannya bahwa penggunaan parfum beralkohol di bagian luar tubuh tentu diperbolehkan.

"Tidak ada salahnya dalam menggunakan alkohol secara eksternal. Entah itu parfum di baju atau di tubuhmu. Tidak ada masalahnya dengan itu, tapi jangan diminum," ucapnya.

Dari penjelasan Sheikh Assim Al Hakeem dapat disimpulkan bahwa penggunaan alkohol di bagian luar tubuh diperbolehkan meskipun digunakan untuk beribadah. Yang sudah pasti dilarang adalah meminumnya karena dapat memabukkan.

Warganet yang melihat video TikTok tersebut langsung menuliskan beragam komentar.

“Selama ini udh bener. Krn aq berfikir alkohol itu memang memabukkan tetapi bukan najis. Klw najis br tdk boleh utk sholat,” komentar warganet.

“Ini sih yang jadi pertanyaan gua juga, alhamdulillah nemu di sini,” tulis warganet.

“Cocok syeikh nya di undang untuk ceramah pengajian ibu² pake bahasa enggres,” timpal warganet.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut