get app
inews
Aa Read Next : Karang Taruna dan Genre Kecamatan Bojongsari Kolaborasi Buka Bersama dan Berbagi Takjil kepada Warga

Manfaat Kurma Secara Sunnah Dan Medis

Jum'at, 07 April 2023 | 22:49 WIB
header img
Toko oleh-oleh kurma. Foto: iNews Depok/Bayu Widi Putra Pratama

JAKARTA, iNewsDepok.id - Pada bulan Ramadan tentu kita tak asing dengan buah khas Arab satu ini yaitu kurma, buah yg memiliki rasa manis ini memang dianjurkan oleh Nabi Muhammad sebagai hidangan saat berbuka, lantas mengapa kurma disunnahkan untuk berbuka serta apa manfaatnya bagi tubuh.

Bagi umat Muslim tentu tak asing dengan buah ini, buah khas Timur Tengah yang memiliki rasa manis ini memang dianjurkan oleh Nabi Muhammad sebagai makanan pembatal puasa sebelum memakan makanan berat.

Dalam sebuah hadis disebutkan Anas bin Malik berkata bahwa "Rasulullah SAW berbuka puasa dengan ruthab (kurma basah) sebelum shalat. Kalau tidak ada ruthab, beliau makan tamar (kurma kering). Bila tidak ada keduanya, dia biasanya meminum air seteguk demi seteguk". Dari hadis ini disunnahkan bagi seorang Muslim berbuka dengan kurma atau air putih.

Dalam segi medis buah kurma memiliki berbagai manfaat dan kandungan di dalamnya Dalam buku 'Jadikan Makananmu Sebagai Obatmu' yang ditulis oleh Hamid Sakti Wibowo chapter 02 hal 16.

Buah kurm kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh, kurma kering mengandung lebih banyak kalori yang berasal dari karbohidrat. Kurma juga mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan serat. Selain itu, kurma juga memiliki antioksidan yang dapat menangkal sejumlah penyakit.

Secara umum, kandungan utama dari buah ini adalah karbohidrat sederhana (terutama gula, seperti sukrosa dan fruktosa). Hampir 70% dari kurma terdiri dari karbohirat. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut