get app
inews
Aa Read Next : Pertama di Indonesia, Bekerja Cerdas dengan Copilot: Fitur AI Vivobook S 14 OLED

Bukan Lelucon April Mop, Asus ROG Ally Memang Siap Bersaing dengan Steam Deck

Selasa, 04 April 2023 | 16:48 WIB
header img
Asus ROG Ally, lini handheld console gaming pertama dari Asus yang direncanakan akan dirilis disebut saingi Steam Deck. Foto: Twitter @ASUS_ROG

JAKARTA, iNewsDepok.id - Pada 1 April lalu, Asus melalui akun twitter @ASUS_ROG merilis video yang memperkenalkan produk handheld console gaming pertamanya. Produk itu dinamai dengan ROG Ally. Sempat dikira April Mop, kemarin malam (3/4/2023) mereka mengumumkan ROG Ally bukanlah keisengan belaka.

Perangkat ini tentu akan meramaikan pasar handheld console gaming yang sudah ada, seperti Nintendo Switch dan Steam Deck. Baru diumumkan, ternyata sudah ada beberapa Youtuber yang membuat video ulasan tentang ROG Ally. Salah satunya yaitu channel Youtube Dave2D, seorang tech Youtuber yang bernama Dave Lee.

"Saya sudah mencoba produk ini (Asus ROG Ally) selama seminggu, memang baru sampel awal pengembangan, tetapi ini bisa bersaing (dengan produk lain). Produk ini dibuat benar-benar bagus dan membuat pengalaman bermain lebih baik daripada Steam Deck," sebut Dave dalam videonya mengenai ROG Ally.

Asus mengatakan kepada Dave, ROG Ally mempunyai performa 2 kali lebih cepat daripada Steam Deck. Hal ini karena prosesor yang digunakan nantinya merupakan custom chipset dari AMD dengan spesifikasi 4nm APU Zen 4 dengan GPU RDNA3.

Selain performa, layarnya digadang-gadang akan jauh lebih baik dari Steam Deck. Dengan menggunakan layar 7 inci, ROG Ally akan mempunyai resolusi layar 1920 x 1080 dengan tingkat kecerahan hingga 500 nits. Dan yang penting, perangkat ini mempunyai refresh rate 120Hz, dua kali lipat dari Steam Deck yang hanya 60Hz sehingga menjadikan pengalaman bermain yang lebih baik.

Suara kipas ROG Ally membuat Dave2D sangat takjub, karena hampir tidak terdengar oleh telinga manusia. Saat dibandingkan dengan Steam Deck, ROG Ally memiliki tingkat kebisingan dengan 20 dB, hampir dua kali lebih rendah dari Steam Deck yang mencapai 37 dB.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut