get app
inews
Aa Read Next : Kontennya Dianggap Mencemarkan Nama Baik, Youtuber Koko Dwi Rianto Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

Potret Ribuan Pasien Pengobatan Ida Dayak yang Membuat Jalur Cilodong, Depok Macet

Senin, 03 April 2023 | 18:04 WIB
header img
Ribuan warga padati Asrama TNI Cilodong, Depok, Jawa Barat, demi bisa berobat ke Ida Dayak. Foto: MNC Portal Indonesia/Aldhi Chandra

DEPOK, iNewsDepok.id - Jalan utama akses menuju Asrama TNI Cilodong macet total sejak siang hingga sore hari ini. Kepadatan arus kendaraan terjadi sejak pagi, disebabkan karena banyak masyarakat yang berbondong-bondong mendatangi pengobatan tradisional Ida Dayak di GOR Kostrad Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, Senin (3/4/2023).

Dari pantauan MNC Portal Indonesia, kemacetan sudah terjadi dari Jalan Raya Bogor hingga menuju GOR Kostrad Cilodong sekitar pukul 14.30 WIB. Terlihat sejumlah mobil terparkir di sepanjang jalan menuju Asrama TNI Cilodong.

Pihak kepolisian juga menutup akses jalan di pertigaan Jalan Raya Bogor yang menuju ke Kostrad.

Sebelumnya beredar informasi yang menyebut, Ida Dayak menggelar pengobatan alternatif pada Senin dan Selasa di GOR Divif 1 Kostrad di Jalan Raya Bogor-Jakarta Km 39 Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat.

"Infonya siang ini hindari sekitaran Kostrad Cilodong. Ada Bu Ida Dayak lagi pengobatan," kata Dian Andri, seorang warga.

"Jalan Raya Bogor macet total dua arah dari jam enam pagi," kata Adi, warga lainnya. 

Ramainya orang yang datang untuk berobat ke Ida Dayak bukan tanpa sebab. Kepadatan dan kemacetan ini, akibat viralnya pengobatan Ida Dayak yang dinilai bisa menyembuhkan banyak penyakit hanya dengan menggunakan minyak, yang disebutnya dengan minyak bintang.

Uniknya, dalam pengobatannya Ida Dayak tidak pernah meminta imbalan uang alias gratis, hanya saja minyak bintang dijualnya dengan harga Rp50 ribu.

Ida Dayak diketahui bernama lengkap Ida Andriyani. Wanita kelahiran Paser, Kaltim, Juli 1972, ini disebut Ida Dayak lantaran saat menggelar pengobatan kerap menggunakan pakaian tradisional Dayak lengkap dengan aksesorisnya. Ida Dayak menggelar pengobatannya dengan berkeliling dari pasar ke pasar.

Bahkan dirinya mengaku pernah menggelar pengobatan hingga ke Papua, Sulawesi dan Sumatera.

Percaya tidak percaya, dalam pengobatannya hanya dengan sekali urut menggunakan minyak bintang, Ida Dayak bisa langsung menyembuhkan tulang bengkok pasiennya.

Bahkan ada pasien yang sebelumnya tidak mampu berjalan, setelah diurut langsung bisa berjalan kembali.

Saat melakukan penyembuhan, Ida Dayak mengaku selalu melibatkan Tuhan. Kalimat tauhid Lailahaillallah dan kalimat basmalah kerap dilantunkannya saat memulai melakukan pengobatan.

"Sesuai agama saya, saya Islam, saya Muslim, saya mulai pengobatan ini dengan mengucapkan Bismillahirohmanirohim," ujar Ida Dayak dalam sebuah tayangan video.

Usai video-video penyembuhannya viral, pengobatan Ida Dayak selalu dipadati warga yang ingin mencari kesembuhan. Bahkan Ida Dayak juga mendapat permintaan khusus dari beberapa instansi hingga pejabat penting.

Perempuan Dayak itu juga pernah diundang ke kediaman Letjen (Purn) AM Hendropriyono. Saat itu, Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan istri juga hadir.

Berikut foto-foto pengobatan Ida Dayak di Cilodong, Depok, Jawa Barat:


Pasien pengobatan Ida Dayak, sudah berkumpul sejak pagi. Foto: MNC Portal Indonesia/Aldhi Chandra

Pasien pengobatan Ida Dayak. Foto: MNC Portal Indonesia/Aldhi Chandra
 
 

Pasien pengobatan Ida Dayak. Foto: MNC Portal Indonesia/Aldhi Chandra
 

Ribuan calon pasien Ida Dayak. Foto: MNC Portal Indonesia/Aldhi Chandra 

Ribuan warga padati Asrama TNI Cilodong, Depok, Jawa Barat, demi bisa berobat ke Ida Dayak. Foto: MNC Portal Indonesia/Aldhi Chandra

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut