get app
inews
Aa Read Next : Kenali 6 Gejala Kolesterol Sejak Dini, Nomor 1 Sering Dirasakan

Waspada! 3 Makanan Berkuah yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Batasi Konsumsinya Ya

Sabtu, 18 Maret 2023 | 09:50 WIB
header img
3 makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Foto: Freepik/topntp26
  1. Soto Jeroan

Banyak kuliner Indonesia yang merupakan makanan berkuah dengan bahan dasar jeroan, seperti usus, babat, ati, dan ampela. Salah satu makanan berkuah yang terkenal adalah soto jeroan.

Umumnya soto jeroan diolah dengan santan, yang rasanya lebih gurih dan nikmat. Tak heran, soto jeroan ini banyak disukai orang.

Tapi perlu diingat jeroan tinggi kolesterol. Dalam 2 ons (56 gram) jeroan, terkandung 105 mg kolesterol.

Meski mengandung tinggi kolesterol, jeroan bukan tak sehat sama sekali. Di dalam jeroan juga terkandung nutrisi seperti vitamin, zat besi, dan seng.

  1. Sup Telur

Sup seringkali diolah dengan dicampurkan telur, seperti telur puyuh. Selain menambah isian, rasa sup juga akan lebih nikmat bila ada telur puluhnya.

Menu sup ini disukai oleh hampir semua umur. Telur merupakan salah satu makanan paling bergizi yang bisa dikonsumsi hampir setiap hari.

Tapi, makanan sup telur ini juga mengandung kolesterol tinggi. Pasalnya, dalam satu telur besar terkandung 211 mg kolesterol.

Sebagian orang menghindari memakan telur karena kandungan kolesterol tinggi. Berdasarkan penelitian telur tidak berdampak negatif terhadap kadar kolesterol dan makan telur utuh dapat meningkatkan HDL (berfungsi sebagai pembersih kolesterol berlebih) sebagai pelindung jantung.

Selain tinggi kolesterol, telur merupakan sumber protein yang sangat baik dan kaya Vitamin B, selenium, serta Vitamin A.

Itulah 3 makanan berkuah yang mengandung kolesterol tinggi, sehingga sebaiknya dibatasi konsumsinya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut