Logo Network
Network

Peraih Medal Emas Olimpiade Melempem, Tony Yoka Kalah dari Petinju 42 Tahun Carlos Takam

Mada Mahfud
.
Minggu, 12 Maret 2023 | 12:46 WIB
Peraih Medal Emas Olimpiade Melempem, Tony Yoka Kalah dari Petinju 42 Tahun Carlos Takam
Tony Yoka peraih medali emas Olimpiade menjadi bulan-bulanan Carlos Takam dalam pertandingan di kelas berat hari ini, Minggu (12/3/2023) WIB. Foto: Boxxer

PARIS, iNewsDepok.idTony Yoka yang digadang-gadang bakal moncer di kelas Berat ternyata jauh panggang dari api. Peraih medali emas kelas Berat Super Olimpiade Rio de Janeiro 2016 ini kalah angka dari petinju tua Carlos Takam.

Pertandingan tinju Tony Yoka versus Carlos Takam berlangsung di Paris hari ini WIB, 12 Maret 2023. Duel tinju dipromotori Ben Shalom dari Boxxer.

Tony Yoka memang digadang-gadang bakal cemerlang di tinju profesional kelas Berat. Ini karena petinju Prancis ini bergelimang prestasi.

Selain menjadi peraih medali emas Olimpiade, Tony Yoka adalah peraih emas Kejuaraan Dunia 2015 di Doha, Qatar. Saat di yunior, Tony Yoka juga meraih emas Youth Olympic Games di Singapura tahun 2010.

Kekalahan dari petinju veteran kelas berat Carlos Berat tampaknya akan membuat karir petinju Prancis berusia 30 tahun ini tamat. Ini karena Tony Yoka kalah beruntun, sebelumnya ia kalah angka mutlak dari Martin Bakole.

Kini Tony Yoka mencatat ring tinju profesional 13-2-0 (13 kali duel dan 2 kalah). Angka ini membuatnya akan sulit menarik minat penonton di ring tinju profesional.

Carlos Takam yang kini berumur 42 tahun adalah petinju kenyang pengalaman. Rekor ring profesionalnya kini menjadi 48-7-1 (48 duel, 7 kalah, dan 1 seri)

Dalam pertandingan ini, 2 juri memberikan angka 96-94 untuk Takam dan 96-94 untuk Tony Yoka. Jika juri tampil jujur, Carlos Takam menang angka mutlak.

Melempemnya Yoka di tinju profesional karena ia tidak mampu mengubah gaya tinju amatirnya. Padahal tantangan di tinju profesional jauh lebih berat daripada pertandingan amatir.

Melempemnya Tony Yoka mengingatkan pada David Price. Petinju asal Inggris ini juga melempem di ring tinju profesional.

Seperti halnya Yoka, Price adalah jawara Olimpiade Beijing 2008 kelas Super Berat. Price mencatat ring rekor profesional 32-6-0 (32 duel dan 6 kalah).

Sementara itu bagi Carlos Takam, kemenangan atas Tony Yoka akan memperpanjang karir petinju berusia 42 tahun.

Carlos Takam asal Kamerun pernah menghadapi para petinju top seperti Alexander Povetkin, Joseph Parker, Anthony Joshua, Derek Chisora, dan Joe Joyce.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.