get app
inews
Aa Read Next : BMKG Analisis Adanya Peningkatan Curah Hujan, Warga Pesisir Utara DKI Jakarta Diminta Antisipasi

Apa Itu Tectonic Escape? Fenomena yang Menyebabkan Gempa Dahsyat di Turki

Minggu, 12 Februari 2023 | 20:40 WIB
header img
Menganal Lebih Jauh Tectonic Escape yang Menyebabkan Gempa Dahsyat di Turki. Foto: Reuters

DEPOK, iNewsDepok.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan (BMKG) RI sebelumnya menyebut fenomena Tectonic Escape menjadi penyebab gempa dahsyat di Turki.

Gempa bumi yang berkekuatan magnitudo 7,8 dan 7,7 tersebut terjadi pada Senin pagi (6/2/2023) waktu setempat di Gaziantep, dekat perbatasan Suriah.

BMKG menjelaskan, fenomena Tectonic Escape merupakan sebuah fenomena yang terjadi ketika Lempeng Anatolia bergeser ke barat karena Lempeng Arab menekan Lempeng Anatolia ke arah barat lau dalam dinamika tektoniknya.

Tectonic Escape (Pelepasan Tektonik) merupakan gerakan yang relatif berarah horizontal mengikuti arah patahan (strike-slip) dari kerak benua yang bertabrakan ke arah kerak samudra yang dapat di subduksi, seperti yang dijelaskan Paul Mann dalam jurnalnya yang berjudul Geology.

Subduksi sendiri merupakan sebuah proses geologi wilayah kerak Bumi saat lempengan dengan kerak samudera yang lebih tipis dibatas dua lempeng tektonik litosfer menerjang ke arah bawah lempeng yang berada diantara ketak benua yang lebih tebal secara konvergen.

BMKG menjelaskan, dalam gempa di Turki yang menjadi sumber utama penyebabnya adalah ketika patahan Sesae Anatolia Utara dan Sesar Anatolia Timur. 

 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut